Indonesia English
Kamis, 21 Maret 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

OJK Segera Tanda Tangani Akta Akuisi BPD Banten

Senin, 22 Agustus 2016 19:23:52 wib - Komentar
Ilustrasi.

SERANG,(Banten88.com):  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Kamis (25/8) diperkirakan akan segera menandatangani Akta Akuisi Proses pembentukan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Provinsi Banten.  Dengan demikian, Pemprov Banten melalui PT Banten Global Development (BGD) telah resmi menjadi pemegang saham pengendali di Bank Pembangunan Daerah Banten.

Komisaris PT Banten Global Development Asmudji HW menyatakan target PT BGD sejak awal terhadap BPD Banten, sudah Tbk. Ia menjelaskan ada tiga alasan mengapa PT BGD mengejar status Tbk. Pertama informasi bank sudah ada di pasar modal.

“Jadi orang tidak bisa menyembunyikan. Informasinya sudah transparan, nggak bisa dibohongin,” kata Asmudji ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/8).

Alasan kedua, lanjut Asmudji, Tbk. bisa naik isu jika kekurangan modal bisa menjual saham yang baru. Saat ini Pemerintah Provinsi Banten memiliki 25 persen saham di Bank Pembangunan Daerah Banten. 

“Jika yang Rp300 miliar masuk, maka saham kita bisa mencapai 35 persen,” tandasnya.

Dikatakan Asmudji, jika penyertaan modal tersebut terealisasi, maka Pemprov Banten akan menjadi pemegang saham pengendali yang punya kewenangan pengawasan secara langsung kepada bank yang bersangkutan. “Selain itu bisa mengatur kebijakan bank, memilih usaha-usaha yang akan dilaksanakan. Jadi strategis sekali,” jelasnya.

Ditambahkan Asmudji, pada saat pembelian saham beberapa waktu lalu, PT BGD hanya membeli saham pada angka Rp18. “Kalau kita mau jual lagi aja sudah untung. Tapi tujuan kita bukan di situ. Tujuan kita membuat kemandirian keuangan Pemerintahan Provinsi Banten,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan melalui data bursa efek pukul 18.45 WIB saham Bank Pembangunan Daerah Banten mencapai Rp81.

Diketahui, saat ini telah keluar dua izin dari Kementerian Hukum dan HAM serta OJK atas akuisisi  Bank Pundi menjadi Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk.

Sejauh ini bank daerah lain yang sudah berstatus perusahaan terbuka antara lain Bank Jabar Banten, Bank Pembangunan Jawa Timur, dan Bank Pembangunan DKI Jakarta. Banten kemudian menyusul dengan status Bank Pembangunan Daerah Banten.(AZM).

KOMENTAR DISQUS :

Top