Indonesia English
Minggu, 05 Juli 2020 |
Kesehatan

Orang Dewasa Masih Butuh Vaksin pada Kondisi Tertentu

Senin, 15 Mei 2017 18:40:01 wib - Komentar
Ilustrasi vaksin atau jarum suntik (Pixabay/dfuhlert)

(Banten88.com): Vaksin dibutuhkan tubuh untuk mencegah serangan dari ragam mikro organisme. Meski vaksin indentik diberikan saat masih kecil, namun beberapa jenis vaksin masih dibutuhkan orang dewasa.

Dituturkan spesialis penyakit dalam, dr. Iris Rengganis SpPD., vaksin orang dewasa cenderung diberikan sebelum bepergian ke negara asing yang belum pernah dikunjungi. Sebab, vaksin berguna untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang hanya berkembang di suatu negara saja.

"Vaksin itu sangat berguna. Meski sudah dewasa, ada beberapa jenis vaksin yang diberikan untuk mencegah traveller disease," ujar Iris, kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Dilanjutkan Iris, bagi para pelancong luar yang ingin berlibur ke Indonesia, dibutuhkan dua jenis vaksin yaitu tifoid dan hepatitis A. Sebab, kedua penyakit tersebut sangat mudah ditularkan melalui makanan.

"Banyak kuliner di Indonesia yang mungkin kurang cocok dengan tubuh orang luar negeri, mereka nggak biasa jajan seperti kita. Jadi, dianjurkan dilakukan vaksin tifoid untuk cegah diare dan hepatitis A," lanjutnya.

Berbeda dengan orang asing, orang dewasa Indonesia biasanya membutuhkan satu jenis vaksin yaitu meningitis. Sudah direkomendasikan oleh pemerintah Indonesia dan luar negeri, agar sebelum melancong, vaksin meningitis harus diberikan.

"Meningitis itu wajib diberikan sebelum keluar negeri. Biasanya ke arab saudi dan amerika, karena kedutaannya juga yang meminta untuk diberikan vaksin terkait virus yang bisa saja menyerang tubuh," kata dia. (Sumber : Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top