Indonesia English
Rabu, 26 Juni 2019 |
Peristiwa

Pantau RSUD Rujukan, Andika Pastikan Fasilitas dan Tenaga Medis Siap Tangani Korban Tsunami

Senin, 24 Desember 2018 19:01:20 wib - Komentar
Wagub Banten Andika Hazrumy Tinjau Korban Tsunami.

SERANG,(Banten88.com):  Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy pastikan Rumah Sakit rujukan korban terdampak tsunami Selat  Sunda, memiliki fasilitas yang memadai dan selalu siap menerima para korban.

Hal tersebut diungkapkan Andika Hazrumy usai mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, Senin (24/12/2018). Andika mengaku kedatangannya di RSUD Berkah Pandeglang untuk melihat kondisi pasien korban bencana tsunami selat sunda yang menerjang wilayah Kabupaten Serang dan Pandeglang.

Selain itu, dirinya ingin memastikan pelayanan rumah sakit berjalan dengan baik, seperti ketersediaan fasilitas yang memadai untuk dapat menangani setiap pasien rujukan dari sejumlah fasilitas pertama atau puskemas yang berada di wilayah Pandeglang.   "Saya ingin pastikan RSUD Berkah Pandeglang memiliki fasilitas serta kesiapan tenaga medis disini untuk menangani korban tsunami," ujar Andika Hazrumy.

Andika menjelaskan bahwa RSUD Pandeglang memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk dapat menangani pasien korban tsunami selat sunda, kendati demikian apabila RSUD Berkah Pandeglang tidak dapat melalukan penanganan lantaran keterbatasa fasilitas dan tenaga medis maka pasien dapat dirujuk rumah sakit dengan tipe yang lebih tinggi di RSUD Drajat Prawiranegara ataupun RSUD Banten.  "Sejauh ini RSUD Berkah Pandeglang telah menangani kurang lebih 227 korban," katanya.

Terkait dengan banyaknya masyarakat yang hendak mencari sanak keluarganya yang menjadi korban terdampak tsunami, Andika mengungkapkan informasi dapat dicari langsung di fasilitas kesehatan pertama seperti Puskesmas ataupun di posko yang ada di RSUD.

"Untuk koordinasi dan indentifikasi, informasi bisa didapatkan di RSUD ataupun tempat-tempat fasilitas kesehatan pertama (puskesmas), seperti di kecamatan carita dapat terinformasikan karena identifikasi korban selamat luka ataupun meninggal kita data seperti di puskesmas carita tersebut," pungkasnya.

Sementara diungkapkan Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek bahwa sistem penanganan kesehatan di Banten sudah berjalan dengan baik, dimana Banten telah memiliki fasilitas kesehatan tingkat pertama yang cukup banyak dengan fasilitas dan tenaga medis yang baik, sehingga penangan korban terdampak tsunami dapat segera ditangani.

Kemudian, bagi korban yang tidak dapat tertangani bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan dalam hal ini RSUD rujukan seperti RSUD Berkah Pandeglang dan RSUD Drajat Prawiranegara Serang.

"Bahkan jika memang rumah sakit memerlukan dokter bisa saling membantu kita bisa minta dan segera dari Jakarta bisa bantu ke sini kita liat ini bagus sekali," pungkasnya. (ERN)

KOMENTAR DISQUS :

Top