Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Politik

Panwascam Malingping Desak PPK Segera Kerjakan Coklit Pemilih

Kamis, 15 September 2016 15:43:44 wib - Komentar
Ilustrasi.

SERANG,(Banten88.com):Panwascam Malingping mendesak PPK agar segera melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih melalui tim petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk pemilihan gubernur yang sudah dibentuk dan di Bimtek.
Tim PPDP pun sudah berhak menerima SK yang sudah sudah diterbitkan KPU, sehingga mereka bisa segera bekerja.Hal itu dikatakan Ketua Panwascam Malingping,Ika Mustika kepada awak media.

Menurut Ika,walaupun demikian, pihaknya memaklumi bahwa pelaksanaan kerja untuk tim PPDP yang masih belum bekerja itu karena terganjal menunggu peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) yang akan segera diterbitkan."Lagi menunggu peraturan KPU,tidak lama lagi terbit,"ungkapnya.

Masih menurutnya, peraturan jadwal yang berubah-ubah dan dadakan dari KPU selalu jadi kendala, sementara waktu terus bergeser, dan syarat utamanya adalah data pemilih harus segera teresume untuk di coklit.

"Sesuai aturan pada tahapan pemilukada, bahwa kegiatan tim PPDP itu harus berdasarkan PKPU yang diterbitkan,"ungkapnya.

Namun dalam hal ini  kami  berharap PPK segera mempekerjakan PPDP untuk melakukan kerja. Masalahnya geseran waktu sudah terus bergerak, sedangkan data nama warga yang harus terdata sebagai pemilih itu jelas harus segera terdeteksi. "Dan ini bukan pekerjaan yang harus dilakukan secara santai dengan aturan yang berubah-ubah, “, tandasnya lagi.

Sementara Komisioner PPK Malingping, Hendra Ibnu Soleh menjelaskan, soal petugas PPDP itu pihaknya dari PPK Malingping sudah melaksanakan Bimtek dan SK para petugas itupun sudah dikeluarkan. Karenanya,pelaksanaan tugas tersebut harus mengacu pada PKPU.

“ Jadi pada dasarnya untuk memulai kerja para petugas PPDP itu sudah oke, hanya tinggal menunggu jadwal yang di tetapkan oleh PKPU, dan di sini kami juga sudah mendapatkan data daftar pemilih sementara, “jelas Hendra.
Hendra menjelaskan, PKPU itu akan segera terbit melalui pesan elektronik, yang nanti di sana akan tertera kaidah, batasan dan sistem pola kerja PPDP. 

“ Pokoknya sesuai tahapan, petugas PPDP akan mulai bekerja secara serentak pada tanggal 16 September ini sekalian kami akan membagikan SK yang sudah terbit bagi tim PPDP yang telah dibentuk, namun untuk memulain itu jelas kita butuh PKPU, “, kata Hendra. (Eli)

KOMENTAR DISQUS :

Top