Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Politik

Pemasangan APK Tidak Boleh Melebihi Batas Yang Ditentukan

Jumat, 04 November 2016 18:35:43 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com):Sepekan sejak dimulainya masa kampanye calon gubernur dan wakil gubenur Banten pada pemilihan gubenur (Pilgub) Banten 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten mengaku seluruh titik yang sudah ditentukan sudah dipasangi alat peraga. Meski begitu, KPU mengingatkan agar pemasangan APK pasangan calon tidak melebihi batas yang sudah ditetapkan.

Komisioner KPU Banten Pokja Pencalonan Syaeful Bahri menegaskan, pemasangan APK jangan sesuai yang diamanatkan peraturan KPU Nomor 12 tahun 2016 yang dilaksanakan KPU Banten yakni memasang APK seperti baliho di setiap lokasi yang sudah ditetapkan.

“Paslon harus tertib terhadap lokasi yang telah diusulkan dan ditetapkan oleh KPU. Paslon walaupun diberikan membuat APK jangan melebihi yang sudah ditetapkan oleh Peraturan KPU karena akan masuk pelanggaran,” kata Syaeful, Jumat (4/11).

“Balihonya sudah kita pasang 28 Oktober lalu, dan untuk lokasi sudah kita SK-an. Itu berdasakan usulan dari masing-masing paslon,” sambungnya.

Ditambahkan Syaeful, jika APK rusak maka menjadi tanggung jawab paslon.  “Itu semua tanggung jawab paslon, tapi jika mereka ingin mengganti apk yang rusak dengan yang baru harus persetujuan KPU dan Bawaslu Banten. Jadi mereka harus lapor dulu,” imbuhnya.

Senada, Komisioner KPU Banten Pokja Humas Didih M Sudih mengungkapkan, KPU Banten telah mencetak masing-masing lima buah baliho per kabupaten/kota, 20 umbul-umbul untuk per kecamatan dan dua buah spanduk untuk per desa/kelurahan di Provinsi Banten. Sedangkan yang dicetak dan dibolehkan untuk dipasang sendiri oleh masing-masing tim paslon kata Didi yakni, tujuh buah baliho per kabupaten/kota, 30 buah umbul-umbul per kecamatan dan spanduk tiga buah per desa/kelurahan.

"Kalau baliho, umbul-umbul dan spanduk yang dicetak oleh KPU kita pasang sendiri, kemudian ada berita acara serah terima dengan calon,” katanya.

Lebih lanjut Didih mengatakan, untuk yang dari calon dipasang sendiri oleh mereka. “Tetapi, desain kita sepakati dan titik pemasangan kita tetapkan karena kita rapat dulu dengan tim kampanye, kemudian kita minta titik-titiknya yang diajukan untuk kita tetapkan," jelasnya.

Diketahui, KPU Banten bersama Bawaslu Banten dan dua tim pemenangan pasangan calon telah menyepakati titik yang akan dipasang APK. Hasil dari rapat tersebut, KPU Banten akhirnya menetapkan 31.202 titik pemasangan alat peraga kampanye se Banten, dengan rincian untuk baligo sebanyak 192 titik, umbul-umbul sebanyak 15.500 titik, dan spanduk 15.510 titik.(AZM).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top