Indonesia English
Kamis, 22 Februari 2024 |
Kesehatan

Pemprov Banten Komitmen Optimalkan Pemerataan Pelayanan Kesehatan

Rabu, 09 Agustus 2023 14:29:23 wib - Komentar

 


SERANG,(Banten88.com): Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berkomitmen optimalkan pemerataan pelayanan Kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FK-Untirta) dengan menjadikan RSUD Banten sebagai Rumah Sakit Pendidikan tempat pelaksanaan Co-Ass mahasiswa FK-Untirta.  

Pada tahap awal RSUD menerima 40 mahasiswa Co-Ass FK-Untirta, yang mulai menjalani Pendidikan Profesi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Banten dengan status dokter muda.  Penerimaan Co-ass di RSUD Banten ini diterima Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti di Gedung Pendidikan Kedokteran RSUD Banten, Kota Serang. Selasa, (8/8/2023).

Dalam sambutannya, Virgojanti menyampaikan penerimaan dokter muda ini merupakan upaya pemerintah Provinsi Banten dalam melaksanakan pelayanan kesehatan secara optimal. “Alhamdulilah adanya kerja sama pemerintah daerah tentunya ini bisa lebih terjun ke masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata,” ungkap Virgojanti.

Menurutnya, dengan pelayanan yang merata melalui peran para dokter muda ini mampu menciptakan kesehatan yang berkualitas. Berdasarkan Pendidikan inovasi dan kreativitas yang sebelumnya sudah dipelajari melalui proses pembelajaran.

“Satu kebangaan untuk saling, asah, asuh dalam melaksanakan keterampilan kita. Sehingga hal tersebut mampu mempertinggi kemanfaatan kita yang bisa dilakukan oleh seluruh jajaran pelayanannya,” jelasnya.

Virgojanti menyampaikan, peran para dokter muda ini juga diharapkan mampu mendukung kegiatan-kegiatan di masyarakat. Salah satunya, dalam upaya penanganan stunting di Provinsi Banten.

Berdasarkan hal tersebut, Virgo mengimbau dokter muda ini untuk terus menggerakan pola hidup sehat dimanapun. Selain sebagai mencerminkan kinerja yang berkualitas juga demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Banyak sekali tugas mandatori yang harus kita kerjakan, diantaranya stunting yang 2024 ingin di bawah 14%. Serta upaya lainnya dalam melaksanakan perlindungan sosial dan kesehatan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan ini juga virgo menyampaikan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan secara merata. Pihaknya terus memberikan dukungan pada kolaborasi pelayanan kesehatan dengan mengoptimalkan RSUD menjadi Rumah sakit Pendidikan yang didukung dengan berbagai fasilitas.

“Dengan komitmen bersama Untirta kita terus bahu membahu mempersiapkan  gedung ini yang memiliki berbagai fasilitas. Ini bisa dijadikan motivasi bagi kita agar terus mengoptimalkan pemberian pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menyampaikan upaya pemberian pelayanan kesehatan melalui dokter muda ini merupakan upaya bersama dalam peran pentahelix dari dunia pendidikan, pemerintahan, organisasi profesi dan masyarakat. Dimana hal tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pada layanan kesehatan.

“Dan dorongan dari Untirta ini bisa kita realisasikan dan harapkan mampu menjadi pemenuhan terhadap jumlah maupun pemerataan dari sumber daya manusia dibidang kesehatan yang berkualitas dapat terwujud dari kegiatan ini,” jelas Ati.

Sebagai informasi, Co-ass merupakan kegiatan praktik para dokter muda di Rumah Sakit untuk mendapatkan gelar dokter. Adapun dokter muda yang melaksanakan Co-ass di RSUD Banten ini berjumlah 40 orang. Semua dokter muda ini menempuh pendidikan Profesi dokter di RSUD Banten selama 2 tahun.

Dalam kesempatan ini juga, Ati menyampaikan Komitmen dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Provinsi Banten terus dioptimalkan dibuktikan dengan menghadirkan Rumah Sakit Pendidikan. Ia harap, hal tersebut mampu menciptakan para dokter spesialis yang nantinya bisa tersebar dan menyebarkan pelayanan secara merata di Provinsi Banten

“Oleh karena itu dengan Rumah Sakit Pendidikan yang hadir ini menjadi salah satu program akademis klinis yang bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan menjadi Rumah Sakit terbaik yang terus kita optimalkan,” pungkasnya.(Ad).

KOMENTAR DISQUS :

Top