Indonesia English
Senin, 08 Agustus 2022 |
Pendidikan

Pendistribusian KIP di Banten Terkendala Dapodik

Minggu, 07 Mei 2017 19:31:04 wib - Komentar
Ilustrasi.

SERANG,(Banten88.com): Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten mengaku hingga saat ini belum dapat mengoptimalkan pendistribusian program Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi siswa tak mampun  ke delapan kabupaten/kota di Banten. Belum optimalnya distribusi program pemerintah pusat tersebut, lantaran kurang lengkapnya Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Sekretaris Dindikbud Banten Ardius Prihantono menyatakan, sekolah-sekolah yang ada masih menggunakan data lama dalam Dapodik tersebut. 

"Kemarin kita rapat di kementrian, ke depan itu sepakat data untuk distribusi KIP yang digunakan berasal dari Dapodik dengan validasi per tiga bulan sekali. Sekarang masih belum banyak terdistribusi karena hasil evaluasinya data yang digunakan itu masih yang lama,” kata Ardius saat ditemui di KP3B, Kota Serang, akhir pekan kemarin. 

Ardius menjelaskan, jika pihaknya akan melakukan verifikasi ulang ke setiap sekolah yang ada di Banten untuk memberikan prioritas agar distribusi KIP bisa diterima siswa yang orang tuanya tergolong masyarakat tidak mampu.  

“Jadi akan ada verifikasi ulang dan kita akan maksimalkan updating datanya. Soalnya makin ke sini kan masih banyak anak-anak sekolah yang kurang mampu perlu bantuan dan itu belum tercover seluruhnya, ini kan anggarannya dari pusat,” jelasnya. 

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan monitoring langsung ke setiap sekolah agar distribusi KIP bisa diterima siswa yang benar-benar membutuhkan. “Itu ada bagian-bagiannya. SD sama SMP itu di kabupaten/kota, kalau SMA kewenangannya di provinsi,” ujarnya.(ERN).

KOMENTAR DISQUS :

Top