Indonesia English
Senin, 17 Desember 2018 |
Pendidikan

Pengawas Lakukan Supervisi Klinis di SMAN 1 Cikande

Kamis, 06 Desember 2018 11:48:26 wib - Komentar
pengawas pembina melakukan kegiatan monitoring supervisi klinis di SMAN 1 Cikande

Serang,(Banten88.com),- Manajemen yang baik adalah salah satu faktor kemajuan bagi sebuah lembaga pendidikan. Manajemen sekolah terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pengawasan. Salah satu bentuk pengawasan di sekolah dilakukan oleh pengawas pembina. Pengawas berperan penting dalam mengawasi jalannya pengelolaan sekolah. Hal tersebut dikatakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cikande, Mulyadi, S.Pd kepada wartawan, di sekolah, Kamis (6/12).

Mulyadi menyampaikan bahwa perencanaan sekolah berupa Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) harus mendapat persetujuan dari pengawas pembina. Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kegiatan sekolah lainnya bisa berjalan baik jika pelaksanaannya diawasi, mendapat supervisi klinis dari pengawas, termasuk pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) Ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang sedang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cikande, sekarang ini.

"Kami merasa terbantu oleh pengawas sekolah, semua kegiatan di sekolah berjalan lancar sesuai Petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) atas peran pengawas yang senantiasa memberi arahan dan pembinaan,"terang Mulyadi.

Dalam kegiatan monitoring di SMA Negeri 1 Cikande, Pengawas pembina, Dr. Popi Supriatin, MPd menyampaikan, pengawas sekolah menjalankan tugas pokoknya melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik dan supervisi manajerial maupun supervisi klinis. Sesuai dengan tupoksi ada tiga kegiatan yang dilaksanakan pengawas yakni melakukan pembinaan pengembangan kualitas sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan seluruh staf sekolah. Melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanakan program sekolah beserta pengembangannya. Melakukan penilaian terhadap proses dan hasil program pengembangan sekolah secara secara kolaboratif dengan stakeholder sekolah.

“Tugas pengawas mencakup inspecting (mensupervisi), advising (memberi advis atau nasehat), monitoring (memantau), reporting (membuat laporan), dan coordinating (mengkoordinir) serta performing leadership dalam arti memimpin dalam melaksanakan  tugas pokok,”ungkapnya. (Iman).

 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top