Indonesia English
Rabu, 03 Juni 2020 |
Pendidikan

Pengawas SMP Adakan Pendampingan Supervisi Akademik

Rabu, 30 Oktober 2019 10:08:40 wib - Komentar

Serang (Banten88.com): Pengawas pembina SMP Dindikbud Kabupaten Serang, Drs. Setiawan, M.Pd melakukan pendampingan supervisi akademik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Kegiatan supervisi akademik diikuti para kepala sekolah SMP Negeri dan swasta yang ada di wilayah Kecamatan Cikande. Acara berlangsung dari jam 08.00 Wib sampai 12.00 Wib, bertempat di ruang kepala sekolah SMPN 1 Cikande, Desa Parigi, kecamatan Cikande, kabupaten Serang, Rabu (30/10/2019).

Pengawas pembina SMP Dindikbud Kabupaten Serang, Drs. Setiawan, M.Pd mengatakan kegiatan supervisi akadmik yang dilakukan oleh pengawas inti adalah kegiatan pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Sasaran supervisi akademik ini adalah guru dalam proses pembelajaran yang terdiri dari penyusunan materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus, RPP, pemilihan strategi metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran serta penelitian tindakan kelas. “Selain supervisi akademik juga supervisi manajerial (supervisi administratif) yakni supervisi yang berkenaan dengan efisiensi internal dari sistem pendidikan, menyangkut aspek kuantitatif, memberi jawaban dan pertanyaan mengapa institusi pendidikan harus berjalan dalam cara tertentu dan menggunakan secara luas sumber daya yang tersedia,”kata Setiawan.

Dikatakan Setiawan, supervisi akademik berkenaan dengan efektifitas pembelajaran secara kualitatif, yang memberikan jawaban pada pertanyaan bagaimana siswa belajar lebih baik. Dukungan dan evaluasi merupakan dua fungsi utama untuk supervisi. Supervisi akademik merupakan kegiatan terencana yang ditujukan pada aspek kualitatif sekolah dengan membantu guru melalui dukungan dan evaluasi pada proses pembelajaran yang dapat meingkatkan hasil belajar siswa.

“Tujuan supervisi akademik adalah meningkatkan mutu pembelajaran,”kata Setiawan.

Sementara itu, kepala sekolah SMPN 1 Cikande, H. Uus Ruhyadi, M.Pd didampingi Kepala SMPN 2 Cikande, Muhri, M.Pd mengatakan, fungsi dukungan pengawas pembina dalam pendampingan supervisi akademik sangat dibutuhkan sekali yakni dengan menyediakan bimbingan profesional dan bantuan teknis kepada guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran. Dengan mengajar lebih baik berarti membantu siswa untuk belajar lebih banyak, belajar lebih cepat, belajar mudah, belajar lebih menyenangkan dan menggunakan aplikasi apa yang mereka pelajari dengan lebih efektif.

H. Uus menyampaikan ada tiga kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan di sekolah, hari ini, yakni kegiatan pendampingan supervisi akademik oleh pengawas pembina SMP, tempatnya di ruang kepala sekolah, Kegiatan monev dari LPMP Banten (ibu Sri Wantini, M.Pd) dengan agenda evaluasi kegiatan dan dokumen pendukung SPMI dari masing-masing POS ( Prosedur Operasional Standar) dan tempatnya di ruang BP. Sedangkan kegiatan sosialisasi nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan yang diinisiasi kesbangpol Kabupaten Serang bertempat di aula sekolah. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top