Indonesia English
Senin, 20 Mei 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

PENGUSAHA MUDA RIVO ARLIANTO TENTANG PRINSIP DASAR USAHA KOPI

Minggu, 21 April 2019 11:19:48 wib - Komentar
MESIN Roasting di Kedai Kopi Jivarasa.

JAKARTA (Banten88.com) : PASCA film berjudul Filosofi Kopi beredar, minat anak - anak muda terhadap kopi semakin meningkat. Ada 2 kategori yang terkait dengan keberadaan kopi yakni anak - anak muda yang benar - benar menyukai kopi atau anak muda yang hanya sekedar ikut - ikutan trend yang sedang menggejala. Untuk menguak lebih dalam tentang kopi dan filosofi bisnis dikalangan generasi milenial, Sabtu (20 April 2019), media cyber Banten88.com bertandang ke kedai kopi Jivarasa yang berlokasi di kampus Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kabupaten Tangerang sekaligus bincang - bincang dengan sang " owner " Rivo Arlianto.

Usaha yang dibangun anak muda cerdas ini sejak 2016 kini terus berkembang dan sudah memiliki 4 gerai termasuk gerai yang berlokasi di Jasinga, Bogor, Jawa Barat.

Ada pernyataan menarik dari Rivo tentang prinsip dasar usaha kopi yakni yang pertama adalah Cinta Kopi dan kedua Utamakan Silaturahmi. Jika mengkedepankan pemikiran tentang keuntungan semata, usaha tidak akan bertahan lama, papar Rivo alumni STPI mengawali perbincangannya dengan Banten88.com.

Lebih lanjut ia menuturkan, secara pribadi sebagai Muslim tidak ada Hadis yang mengatakan, bekerjalah yang rajin agar kamu memperoleh banyak rejeki. Tapi Hadisnya adalah silahkan Bersilaturahmi agar panjang umur dan makin banyak rejeki, ungkapnya. Penjabarannya bahwa di kedai kopi ini kita bisa bersilaturahmi dengan banyak orang dari seluruh kalangan baik dari kalangan paling bawah hingga atas. Kedai kopi ini merupakan arena berkumpul untuk saling tukar pikiran dan intinya adalah Silaturahmi, urainya lagi.

 

Lalu jenis kopi apa yang disajikan di Jivarasa tanya Banten88.com?.

Rivo menjelaskan " Seluruh jenis kopi di dunia kita jual disini dan tergantung kopi apa yang sedang panen. Ada kopi Lintong dari Medan, Toraja, Siborong - borong, Gayo, Flores, Gunung Puntang, Malabar, Brazil dan Ethiopia," terangnya.

KARAKTER PELANGGAN

Lalu terkait dengan karakter pelanggan, tanya Banten88.com lagi?. Rivo menjelaskan " Bisa dikatakan dengan prosentase 50 berbanding 50. Artinya, 50% pelanggan kedai kopi Jivarasa adalah benar - benar pecinta kopi dan 50% sisanya adalah mereka yang mengikuti trend saja. Saya sedang menggarap market yang benar - benar pecinta kopi. Maka sistem di Jivarasa ini adalah " open bar ". Artinya pembeli bisa berkomunikasi dengan pemilik dan peracik atau penyeduh dan melihat langsung proses roasting dengan mesin berkapasitas 3000 wats. Dengan sistem open bar, sehingga akan tersaring pecinta kopi benaran dan yang hanya sekedar mengikuti trend. Market pecinta kopi benaran ini yang mau saya gaet dan manjakan," beber Rivo.

Lalu terkait prospek usaha dan keuntungan? masih tanya Banten88.com. " Saya sudah cinta dengan kopi. Sehingga apakah grafik usaha sedang naik atau turun, apakah keuntungannya besar atau kecil, harus terus ditekuni. Prinsip ini berlaku bagi semua bidang usaha dan tidak terbatas di usaha kopi saja. Semua bidang usaha yang mau kita jalani, harus kita cintai bidangnya terlebih dahulu. Filosofi ini yang bisa membuat pelaku usaha bisa konsisten dan sukses. Namun jika motivasi kita membuka usaha adalah semata karena mengejar keuntungan, bisa di cek lah usaha tersebut tidak akan bertahan lama," ungkap Rivo penuh filosofi bisnis.

CITARASA DAN MESIN ROASTING

Masih tutur Rivo Arlianto bahwa 60% citarasa kopi dipengaruhi cara petani memberlakukan keberadaan kopi pasca panen. Sedangkan 30% dipengaruhi proses roasting di mesin. Ada yang menarik di kedai Jivarasa adalah tampilan mesin roasting yang tampak gagah sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses kopi saat di roasting (di sangray) hingga cara menyeduh. Rivo menjelaskan, mesin roasting ini buatan William Edison dari Bali. Jika mesin dalam kondisi baru harganya bisa mencapai Rp.50 juta. Beberapa gerai kopi besar menggunakan mesin roasting buatan Jerman namun lebih banyak lagi yang menggunakan mesin roasting dalam negeri seperti buatan William Edison ini. Demikian praktisi dan pecinta kopi serta owner kedai kopi Jivarasa, pengusaha muda Rivo Arlianto. (SS).

teks foto : MESIN  Roasting di Kedai Kopi Jivarasa.

KOMENTAR DISQUS :

Top