Indonesia English
Kamis, 17 Januari 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

Peningkatan Layanan Prima ASTRA Tol Tangerang-Merak

Senin, 17 Desember 2018 15:30:46 wib - Komentar
Bertempat di Kantor Gerbang Tol Cikupa, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono meresmikan Kick Off Kampung Berseri Astra Desa Talagasari Kabupaten Tangerang, ASTRA Infra Toll Road Learning Centre (ATLC), serta meluncurkan Jawara Duta Layanan Natal dan Tahun Baru Tol Tangerang-Merak.

Tangerang,(Banten88.com): Menjelang akhir tahun 2018, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Peningkatan tidak hanya bagi pengguna jalan tol dalam hal layanan lalu lintas, para petugas pun dibekali berbagai pelatihan agar memberikan layanan prima berkualitas.

Selain itu, masyarakat sekitar jalan tol diberi perhatian dengan dilakukan pembinaan. Hal ini sesuai dengan tema perusahaan tahun 2018 yaitu Centre of Excellence. Bertempat di Kantor Gerbang Tol Cikupa, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono meresmikan Kick Off Kampung Berseri Astra Desa Talagasari Kabupaten Tangerang, ASTRA Infra Toll Road Learning Centre (ATLC), serta meluncurkan Jawara Duta Layanan Natal dan Tahun Baru Tol Tangerang-Merak. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Bupati Tangerang, Kepala Desa Talagasari dan perwakilan mitra kerja yang bersinergi dalam peningkatan layanan tersebut.

 

 Kick Off Kampung Berseri Astra

Sukses dengan pembinaan 12 sekolah dasar binaan di sekitar jalan tol Tangerang-Merak, ASTRA Toll Road Tangerang-Merak kembali melakukan peningkatan pembinaan dalam cakupan desa melalui program Kampung Berseri Astra (KBA).

KBA merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu, Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Melalui program KBA ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama-sama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA.

 

Secara perdana program KBA dilaksanakan di Desa Talagasari Kecamatan Balaraja yang akan dilanjutkan di desa lain sekitar Jalan Tol Tangerang-Merak. Sebelumnya telah dilaksanakan pemetaan sosial budaya kepada sejumlah desa di sekitar Tol Tangerang-Merak yang mempunyai bibit potensi dalam bidang pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan.

Dengan mengotimalkan potensi lokal yang ada di wilayah Desa Talagasari, melalui sinergi bersama ASTRA Tol Tangerang-Merak, diharapkan Desa Talagasari dapat menjadi contoh bagi desa lainnya di sekitar Jalan Tol Tangerang-Merak dalam mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 ASTRA Infra Toll Road Learning Centre (ATLC)

ASTRA Tol Tangerang-Merak merupakan perusahaan jalan tol pertama ASTRA yang menginisiasi wadah pengembangan sumber daya manusia dengan berfokus di bidang industri jalan tol. Kehadiran ATLC yang berlokasi di Kantor Gerbang Tol Cikupa ini diperuntukan sebagai pusat pendidikan pertama yang dimiliki oleh Astra dari lini bisnis Infrastruktur. ATLC memiliki 3 pilar kompetensi yakni Management Trainee, Technical Competency, dan Management Competency. Mempunyai visi menjadi Institusi Pengembangan Bisnis dan Manajemen Jalan Tol Terbaik di Indonesia, diharapkan ATLC mampu menjadi pusat pengembangan dan pembelajaran dalam meningkatkan kapabilitas serta kompetensi sumber daya manusia untuk mendukung pengembangan bisnis ASTRA Infra khususnya jalan tol di Indonesia.

 

“Komitmen kami dalam menjadi Centre of Excellence adalah dengan melakukan peningkatan layanan jalan tol di berbagai bidang. Melalui ATLC kami membuat sebuah institusi pendidikan jalan tol pertama yang merupakan salah satu pusat pendidikan yang fokus utamanya adalah kompetensi jalan tol. Selain itu, peningkatan layanan kepada masyarakat juga kami lakukan melalui program Kampung Berseri Astra di Desa Talagasari. Dengan potensi lokal yang dimiliki Desa Talagasari kami berkolaborasi untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif,” ungkap Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono

 

Layanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Menghadapi Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak meluncurkan Layanan Nataru (Natal dan Tahun Baru) yang terdiri atas 4 (empat) Duta layanan, yaitu Duta Layanan Wisata, Duta Layanan Transaksi, Duta Layanan Jalan dan Duta Layanan Pendukung. Layanan ini akan siap melayani pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak pada periode libur akhir tahun, 15 Desember 2018 s.d. 6 Januari 2019.

 

ASTRA Toll Road Tangerang-Merak memprediksi adanya peningkatan volume kendaraan pada puncak libur Natal 21 dan 22 Desember serta 29 dan 30 Desember pada puncak libur tahun baru yang mencapai 140 ribu kendaraan per hari.

“Kami memprediksi kenaikan lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru sebesar 2,55% dari rata-rata lalu lintas harian di Tol Tangerang-Merak yaitu menjadi 140 ribu kendaraan. Untuk menghadapi agenda libur akhir tahun ini, kami siap memberikan layanan Nataru. Para petugas akan disiapkan sesuai layanan untuk membantu para pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak,” jelas Krist.

Krist menjelaskan bahwa berbagai Jawara duta layanan Nataru disiapkan dan mempunyai perannya masing-masing. “Sebagai komitmen ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam mempromosikan wisata Banten dan tagar Ayo ke Banten, melalui layanan Nataru ini kami juga menyiapkan Duta Layanan Wisata yang siap memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna jalan terutama yang akan menikmati liburan akhir tahunnya di berbagai destinasi wisata Banten,” jelas Krist.

Berikut Jawara Layanan yang telah disiapkan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak:

1.       Duta Layanan Wisata

Memberikan informasi destinasi wisata, dimulai dari informasi petunjuk arah dan jarak tempuh mencapai lokasi wisata. Sejumlah media Informasi telah disiapkan yaitu

a.       Kolom khusus petunjuk arah wisata yang ada di laman resmi ASTRA Tol Tangerang-Merak di www.margamandala.co.id.

b.      Infografis wisata pada media sosial resmi yaitu Instagram @astratoltamer dan twitter @tol_mms.

c.       Peta Wisata baik yang dibagikan di beberapa lokasi di sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak maupun broadcast ke masyarakat umum melalui media sosial.

d.      Informasi wisata juga dapat di lihat pada media luar ruang antara lain spanduk dan variable message sign (VMS) yang berada di akses dan sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak.  

 

2.       Duta Layanan Transaksi

Sebanyak 10 Gerbang Tol Tangerang-Merak akan mengoptimalkan operasional 89 gardu regular, 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem yang terdiri atas 23 Gardu Tol Otomatis (GTO)  yaitu 12 GTO Entrance, 9 GTO Exit, 2 GTO Ramp.Sebanyak 377 petugas layanan transaksi disiagakan melayani pengguna jalan. Tersedia juga  pengisian saldo uang elektronik di setiap kantor gerbang dan pengisian tunai di Gerbang Tol Cikupa dan Serang Timur khusus pada gardu jalur paling kiri.

 

3.       Duta Layanan Jalan

a.       Layanan Konstruksi Jalan

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan, demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara selain telah merampungkan pekerjaan pelebaran lajur ke empat dari Cikupa s.d Balaraja sepanjang 7,45 Km. ASTRA Tol Tangerang-Merak juga melakukan pelapisan ulang jalan (overlay) di beberapa titik seperti KM 73+26 s.d KM 77+782 dan KM 87+539 s.d KM 83+039.  Menjelang H-10 periode libur Natal dan Tahun Baru dipastikan tidak ada pekerjaan di lajur utama, gerbang dan akses. Meski demikian ASTRA Tol Tangerang-Merak tetap menghimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan waspada pada area pekerjaan.

 

b.      Layanan Lalu Lintas

Lebih dari ratusan petugas layanan lalu litas Tol Tangerang-Merak dan armadanya di persiapkan untuk Layanan Nataru yang terdiri atas 64 Patroli, 61 personel Derek, 15 petugas medis dan 15 petugas sentra informasi dan komunikasi monitoring tol siaga selama 24 jam, serta turut didukung oleh 37 personel Patroli Jalan Raya (PJR).

 

4.       Duta Layanan Pendukung

  •  

Armada petugas sudah dipersiapkan sebanyak 4 unit ambulance, 1 unit rescue truck, 7 Unit kendaraan Patroli, 15 armada Derek, 3 unit armada Kamtib, 2 unit skylift crane, 2 unit tangki air. Fasilitas pendukung layanan terdiri atas 21 unit VMS, 2 unit VMS mobile, 93 warning light, 145 unit kamera pantau, 1.666 PJU siap melayani di sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak.

 

b.      Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)

Optimalisasi pelayanan TIP di 4 lokasi yaitu KM 43 dan KM 68 arah Merak, KM 68 dan KM 45 arah Jakarta. Serta berkoordinasi dengan pihak bank dalam menyediakan layanan gerak penjualan dan pengisian ulang kartu elekronik.

 

c.       Pos Kesehatan

Pos kesehatan terdapat di dua lokasi yakni TIP KM 68 arah Merak dan arah Jakarta. Pada posko kesehatan ini tersedia layanan pemeriksaan fisik gratis kepada pengguna jalan serta penyediaan obat-obatan, bagi pengguna jalan yang lelah dapat rehat sejenak dengan memanfaatkan kursi pijat untuk kembali memulihkan tenaga sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

Dengan kencenderungan tren lalu lintas libur yang didominasi para pengguna jalan yang akan berwisata ke sejumlah destinasi wisata di Banten, ASTRA Tol Tangerang-Merak  mempersiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional sesuai dengan situasi dan kondisi untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan. “Jika terjadi kepadatan di Gerbang Tol Cilegon Barat maka akan dialihkan ke Gerbang Tol Cilegon Timur, begitu juga apabila terjadi lonjakan kendaraan di wilayah Serang Timur akan dialihkan ke Gebang Tol Serang Barat,” tambah Krist.

Diharapkan seluruh layanan prima yang telah disiapkan dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Banten khususnya pengguna jalan Tol Tangerang-Merak sehingga dapat merasakan kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. (Iman).

 

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top