Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Seputar Banten

Perjuangkan Nasib Honorer Kategori 1, Rano Agendakan Bertemu Menpan

Rabu, 25 Mei 2016 19:10:42 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com):Pemprov Banten melayangkan surat kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Ini dilakukan Pemprov Banten guna menyelesaikan permasalahan nasib honorer Kategori 1 (K1) di lingkungan Pemprov Banten yang belum bisa diangkat menjadi ASN dan menyisakan sebanyak 359 orang. 

“Suratnya sudah sudah ditandatangani tadi pagi oleh pak Gubernur, isi suratnya adalah untuk membuat agenda pertemuan antara Pak gubernur dan Pak menteri. Bahkan, saya sudah instruksikan kepada BKD untuk mengantarkan suratnya ke Menpan,” ujar Sekda Banten Ranta Soeharta ketika dihubungi Wartawan.  Rabu, (25/5). 

Dijelaskan Ranta, sejauh ini upaya Pemprov Banten dalam memperjuangkan nasib K1 untuk diangkat menjadi ASN sangat serius dan tidak main-main dalam memperjuangkan nasib K1. Karena disisi lain, Pemprov Banten juga masih kekurangan pegawai, dan butuh pegawai. Di mana saat ini pemprov Banten membutuhkan sekitar 7.000 ribu, sedangkan jumlah pegawai yang ada hanya sekitar 4.000 ribu pegawai, artinya kekurangan pegawai sekitar 3.000 orang. 

“Pak gubernur sangat konsen dalam persoalan K1 ini, bahkan rencananya Pak Gubernur langsung yang akan bertemu dengan Pak Menteri,” terangnya. 

Saat disinggung, kapan pertemuan ini direalisasikan. Menurut Ranta, Pemprov Banten ingin secepatnya pertemuan antara Gubernur Banten dan Menteri PAN dan RB dilaksanakan. Sehingga permasalahan K1 bisa tidak berlarut-larut.

“Kita ingin secepatnya pertemuan itu, tinggal menunggu waktu dari pak menteri saja, kapan menyediakan waktunya,” katanya.  

Sementara itu, Koordinator K1 Pemprov Banten Endang Suherman mengatakan, adanya upaya Gubernur Banten mengagendakan dengan Kemenpan RB, Forum honorer K1 mengucapkan terima kasih bahwa kepada Gubernur Banten telah menandatangani surat ditujukan Kemenpan RB terkait koordinasi tindak lanjut penyelesaian pengangkatan K1 Menjadi PNS.

“Kabarnya surat tersebut tengah diantar oleh BKD ke MenpanRB.
Ini kabar yang baik buat kami. Kami berharap, dalam waktu dekat ini pertemuan antara bapak gubernur dengan bapak MenpanRB dapat dilaksanakan,” katanya.

Menurutnya, nantinya pertemuan tersebut intinya sebagai bentuk respon konkrit dari Pemprov Banten terhadap permintaan MenpanRB yang disampaikan kepada forum honorer K1 Banten pada saat pertemuan tanggal 23 Januari 2016 di Hotel Royal Krakatau Cilegon.

“Saat itu MenpanRB berjanji akan menyelesaikan pengangkatan sisa honorer K1 Banten, namun beliau masih menunggu usulan data yang berisi nama-nama honorer K1 Banten untuk segera diusulkan ke pusat oleh gubernur atau sekretaris daerah agar bisa dilayani. Secara teknis seluruh permintaan pusat terkait dengan administrasi sudah selesai sudah dipenuhi, asumsi kami ini tinggal ditataran kebijakan,” katanya. 

Sebagaimana diketahui, jumlah K1 di lingkungan Pemprov Banten dari sebelumnya sebanyak 781 honorer K1, sebanyak 359 orang belum diangkat menjadi ASN. Padahal seluruh kebutuhan administrasi sudah dipenuhi.(YAN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top