Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Pendidikan

Pesilat DPD PJBN Kab Serang, Ikut Turnamen SGI 2018

Kamis, 01 November 2018 13:18:55 wib - Komentar
Pesilat DPD PJBN Kabupaten Serang mengikuti turnamen SGI 2018 di depok

Serang,(Banten88.com):Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) kabupaten Serang ikut berparitisipasi mengirimkan para pesilatnya untuk ikut turnamen Seni Golok Indonesia (SGI), tahun 2018 di Ballrom Bumi Wiyata, Kota Depok. Turnamen SGI dibuka oleh Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

Event Seni Golok dan adu bela diri bersenjata golok ini, diikuti dari berbagai perguruan silat di Indonesia. Turnamen SGI ini cukup menarik dan langka, kombinasi olah raga bela diri dan kesenian. Hal itu dikatakan Ketua DPD PJBN Kabupaten Serang, Sukmajaya, S.Pd yang menjadi ketua kontingen dari Serang sekaligus istruktur kepada wartawan melalui WhatsApp, Kamis (1/11).

Sukmajaya mengatakan dalam turnamen SGI tahun 2018 yang digelar Minggu (28/10) lalu, pesilat dari Kabupaten Serang yang didelegasikan Perguruan Silat Tri Maung Sakti, DPD PJBN Kabupaten Serang, dengan ketua kontingen Sukmajaya serta pembina Sri Rejeki, SE. Adapun kategori jenis pertandingan yang diikuti tunggal bebas tangan kosong putra, atas nama Agung Sucipto dan tunggal putri atas nama Putri Adellya. Kemudian SIGAB DPD PJBN Kabupaten Serang, dengan pembina Nana. Kategori pertandingan yang diikuti tunggal putra tangan kosong, atas nama Tio dan tunggal putri tangan kosong, atas nama Baekriyah.

“Jadi pesilat dari kabupaten Serang yang diutus yakni PS Tri Maung Sakti DPD PJBN Kabupaten Serang dan SIGAB DPD PJBN Kabupaten Serang. Pertandingan sangat seru dan berimbang. Kita berhasil meraih juara harapan 5, di tunggal putri, tangan kosong atas nama Putri Adellya dari PS Trimaung sakti. Ini menjadi bekal pengalaman penting bagi para pesilat,”kata Sukmajaya.

Sementara itu, Ketua Umum SGI, Ainur Rafiq Lil Firdaus yang lebih dikenal penyanyi Opick, menjelaskan turnamen sebagai upaya melestarikan budaya nasional yakni Seni Golok. "Turnamen yang berlangsung satu hari ini juga dijual berbagai golok dan asesori khas golok. Pembukaan turnamen diawali dengan penampilan aksi Debus dari Banten yakni makan beling, tebas badan dengan golok dan menusuk pipi hingga tembus dengan besi," terang Opick. (Iman).

 

 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top