Indonesia English
Rabu, 24 Juli 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

Petani di Lebak Mendukung Program Mantri Tani Desa

Selasa, 20 Desember 2016 18:10:54 wib - Komentar
Petani.

LEBAK, (Banten88.com): Amir Mahpud Kordinator Mantri Tani Desa Kab Lebak mengatakan, luasnya lahan pertanian di Kabupaten Lebak sangat potensi dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian.Apa lagi sekarang Lebak menjadi Kabupaten percontohan di bidang rekrutmen tenaga penyuluh atau yang di sebut dengan Mantri Tani Desa.

 

Dijelaskan Amir, Mantri Tani Desa (MTD) punya tugas memberikan penyuluhan, pendampingan dan pemahaman di bidang pertanian,peternakan perkebunan,perikanan dan kehutanan.  Selain itu MTD juga mempunyai tujuan supaya produktivitas pertanian dan lainya  di Kabupaten Lebak jauh lebih meningkat. 

 

“Langkah Pemerintah yang cukup baik itu perlu di pertahankan, akan tetapi harapan itu akan sirna bila tidak ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai,”ujarnya kepada www.banten88.com  di Rangkasbitung, Lebak, Banten. Selasa (20/12).

 

Menurut Amir,para  petani dan Kepala Desa di Kabupaten Lebak merasa bersyukur dan mendukung tentang program Mantri Tani Desa. Dari  340 Desa dan 5 Kelurahan yang ada di kabupaten  Lebak masih ada Desa yang belum memiliki Mantri Tani Desa.Sehingga program yang mengarah pada peningkatan hasil pertanian  tidak tercapai,apa lagi sejak awal tahun 2016 anggaran dana Desa sangat besar mencapai Rp 1,1 miliar  per tahunya.

 

" Mestinya dalam Musrenbang Desa,Kecamatan dan Kabupaten di anggarkan untuk biaya pertanian di masing masing Desa  agar bisa di kelola dengan baik dan tepat sasaran sehingga  Kabupaten Lebak tercapai dalam Suasembada pangan,”harapnya.

 

Seperti diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik luas lahan pertanian di Kabupaten Lebak tahun 2015 seluas 50 000 hektar.(eli).

KOMENTAR DISQUS :

Top