Indonesia English
Rabu, 08 Februari 2023 |
Olahraga

Pj Gubernur Al Muktabar : Peparprov Untuk Meningkatkan Prestasi Atlet Paralympic Provinsi Banten

Jumat, 09 Desember 2022 20:24:06 wib - Komentar


SERANG,(Banten88.com): Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan, Pekan Olahraga Paralympic Provinsi Banten merupakan ajang untuk meningkatkan prestasi para atlet paralympic Provinsi Banten. Bagian pembinaan olahraga penyandang disabilitas dan untuk mengevaluasi keberhasilan program. 

Hal itu diungkap Pj Gubernur Al Muktabar dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Banten Agus Setiawan dalam Penutupan Pekan Olahraga Paralympic Provinsi (Perpaprov) Banten IV Tahun 2022 di Tangerang Convention Center, Jum’at (9/12/2022). Kontingen Kabupaten Tangerang meraih juara umum dengan raihan 88 medali dengan rincian 48 emas, 33 perak, dan 7 perunggu. 

“Peparprov merupakan ajang untuk mempersiapkan atlet-atlet disabilitas Banten mengikuti kegiatan multi event di tingkat nasional yaitu pekan paralympic nasional (Peparnas) yang merupakan puncak dari pembinaan olahraga disabilitas dimana pelaksanaan Peparnas Ke-XVI Tahun 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara,” baca Agus.

“Penyelenggaraan Peparprov menjadi bagian pembinaan olahraga penyandang disabilitas dan untuk mengevaluasi keberhasilan program,” tambahnya.

Dikatakan, perkembangan bidang olahraga disabilitas Banten yang dicapai di tingkat Nasional tahun 2021 pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI di Provinsi Papua adalah menempati peringkat Ke 22 dari 29 provinsi dengan perolehan medali 1 emas, 1 perak dan 8 perunggu. Prestasi terbaik Provinsi Banten pada Peparnas adalah pada Peparnas XII Tahun 2004 di Provinsi Sumatera Selatan dengan menempati peringkat Ke 13 dari 27 provinsi dengan perolehan medali 3 emas, 4 perak dan 4 perunggu.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk terus meningkatkan olahraga disabilitas di Provinsi Banten agar dapat bersaing dengan atlet-atlet disabilitas provinsi lainnya. Harapan saya pada pelaksanaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara bisa memperbaiki peringkat sebelumnya,” baca Agus.

Pada kesempatan itu, Al Mukatabar juga mengucapkan selamat kepada juara – juara atas prestasi yang telah diraih dan meminta untuk terus berlatih karena prestasi tertinggi atlet disabilitas adalah di Pekan Paralympic Nasional (Peparnas). Juga apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara Peparprov IV Tahun 2022 di Kota Tangerang.

“Alhamdulillah penyelenggaraan Peparprov IV ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Saya informasikan sesuai dengan keputusan bersama antara NPC Provinsi dengan NPC Kabupaten/Kota, bahwa tuan rumah Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) V Provinsi Banten Tahun 2026 adalah Kota Tangerang Selatan,” pungkasnya.

Dalam laporannya, Ketua National Paralympic Committee  (NPC) Provinsi Banten Yoyoh mengungkapkan, juara umum Peparprov Banten IV Tahun 2022 diraih Kabupaten Tangerang dengan raihan 88 medali. Selanjutnya disusul Kota Tangerang dengan 83 medali, Kota Cilegon dengan 41 medali, Kabupaten Lebak dengan 31 medali, Kota Tangerang Selatan dengan 15 medali, Kota Serang dengan 20 medali, Kabupaten  Serang  dengan 13 medali, serta Kabupaten Pandeglang dengan 8 medali.(Ad).

KOMENTAR DISQUS :

Top