Indonesia English
Kamis, 02 April 2020 |
Peristiwa

Polda Banten Rutin Gelar Pembinaan Rohani dan Mental Personel

Kamis, 13 Februari 2020 15:55:20 wib - Komentar
Kepolisian Daerah (Polda) Banten Rutin menggelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) untuk seluruh personel Polda Banten, di Masjid Baiturrahman Polda Banten, Kamis, (13/2/2020), Pukul : 07.30 wib.

Serang,(Banten88.com): Dalam rangka Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Personel Polda Banten, Kepolisian Daerah (Polda) Banten Rutin menggelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) untuk seluruh personel Polda Banten, di  Masjid Baiturrahman Polda Banten, Kamis, (13/2/2020), Pukul : 07.30 wib.

Binrohtal pagi ini dipimpin oleh KH. Edang Darul Qutn'i dan turut dihadiri oleh para PJU Polda Banten ,Personel dan PNS Polda Banten.  Kegiatan diawali dengan Membaca Surat Yasin Dan dilanjutkan KH. Edang Darul Qutn'i menyampaikan Ceramah Tentang akal. "kata "akal" dan aneka bentuknya dalam jumlah yang sedemikian banyak mengisyaratkan pentingnya peranan akal. Bahkan kedudukan itu diperkuat oleh ketetapan al-Qur’an tentang pencabutan/pembatasan wewenang mengelola dan membelanjakan harta-walau milik seseorang bagi yang tidak memiliki akal/pengetahuan (Q.S. An-Nisa ayat 5)," Katanya saat menyampaikan ceramah.

Lebih lanjut KH. Edang Darul Qutn'i menyampaikan Melalui akal, lahir kemampuan menjangkau pemahaman sesuatu yang pada gilirannya mengantar pada dorongan berakhlak luhur. Ini dapat dinamai al-‘aql al-wazi’, yakni akal pendorong.

"Akal juga digunakan untuk memperhatikan dan menganalisis sesuatu guna mengetahui rahasia-rahasia yang terpendam untuk memperoleh kesimpulan ilmiah dan hikmah yang dapat ditarik dari analisis tersebut," Ujarnya.

Terkahir KH. Edang menyampaikan akal yang dimaksud oleh al-Qur’an adalah akal yang mengantar manusia meraih pengetahuan dan hikmah serta mengantarnya menuju akhlak luhur serta pemeliharaan kesucian nurani.

Sementara itu Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H melalui Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, Kepada awak media mengatakan Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program prioritas Kapolri yang ke-1, yaitu “Mewujudkan SDM Polri Unggul” guna membentuk karakter personel Polda Banten yang lebih baik dan humanis.

“Dengan kegiatan binrohtal ini semoga  karakter anggota dapat terbentuk  lebih baik, humanis dalam melayani setiap masyarakat di segala bidang, Khususnya Polda Banten dimata masyarakat akan semakin lebih baik lagi,”ujarnya.(sumber bidhum).

KOMENTAR DISQUS :

Top