Indonesia English
Kamis, 27 Juni 2019 |
Seputar Banten

Polres Serang & Kodim 0602 Bentuk Satgas Pangan dan BBM

Kamis, 04 Mei 2017 15:11:19 wib - Komentar
Pembentukan Satgas Pangan dan BBM di Aula Polres Serang.

SERANG,(Banten88.com):Menjaga  stabilitas  ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan harga pangan menjelang bulan suci Ramadhan dan Lebaran 2017.  Kepolisian Resor (Polres) Serang bersama Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi (Disperindakop), Dinas Pertanian, Kesbangpol Kabupaten Serang, PT Pertamina, Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Kodim 0602 Serang membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan dan BBM.

"Satgas ini merupakan permintaan pemerintah yang disampaikan Kapolri agar ketersediaan maupun harga kebutuhan pokok dikontrol dengan serius agar tak melonjak tinggi. Menjelang Ramadan dan Lebaran mendatang," kata Kapolres Serang AKBP Wibowo, dalam sambutan pembentukan satgas di Aula 2 Mapolres Serang, Kamis (4/5).

Kapolres mengatakan tugas Satgas tersebut akan melakukan pengawasan ketersediaan dan distribusi pangan di pasar-pasar maupun ketersediaan BBM di SPBU. Persoalannya pada rantai distribusi. Adanya spekulan, pemain, monopoli yang terjadi di lapangan.

"Kita ketahui bersama bahwa suplai sembako tidak langsung dari produsen ke konsumen, di tengah-tengah ada spekulan yang sengaja menimbun untuk mencari keuntungan banyak. Tugas Satgas mengawasi dan menindak adanya kecurangan atau mempermainkan harga kebutuhan pokok ini," kata Kapolres.

Kapolres menegaskan pihaknya tidak menginginkan Satgas Pangan dan BBM ini hanya ceremonial saja, namun harus diambil langkah kongkret. Mantan Kapolres Kediri Kota ini menegaskan satgas ini harus mengambil langkah kongkret sebelum masuknya bulan Ramadhan dikarenakan distribusi maupun permintaan akan kebutuhan pokok semakin meningkat.

"Kita disini bagian dari negara yang melayani masyarakat. Dalam program, Presiden Jokowi berkeinginan negara tidak hanya di pusat namun negara harus ada daerah untuk melayani masyarakat," tegas Kapolres.

Kepala Disperindagkop Kabupaten Serang, Abdul Wahid mengapresiasi dan menyambut baik pembentukan Satgas Pangan dan BBM karena sesuai dengan program Bupati Serang tekait ketersediaan dan stabilitas harga sembako. Dalam kaitan ketersediaan bahan pokok, kata Wahid, Pemkab Serang telah membentuk dewan katahanan pangan yang tujuannya menjaga inflasi jangan sampai stok barang kebutuhan pokok minim sehingga terjadi lonjakan harga.

"Jadi dengan pembentukan satgas ini, sangat membantu tugas Pemkab Serang. Karena apa, ketika harga melonjak, satgas dapat membantu memberikan solusi secara bersama-sama," kata Wahid.

Sementara itu, Kepala PT Pertamina Tanjung Geren Merak Pasaribu Habeahan mengatakan stok BBM di depo Tanjung Gerem menghadapi Ramadhan dan Lebaran cukup bagus. Pasaribu menjelaskan Pertamina Tanjung Gerem saat ini memiliki armada mobil tangki sebanyak 68 unit, dengan rincian 16 unit kapasatitas 16 KL, 40 unit kapasitas 24 Kl dan 12 unit dengan kapasitas 32 Kl.

"Ke 68 armada mobil ini mampu mendistribusikan BBM ke SPBU di Banten mencapai 1600 KL," terang Pasaribu. (YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top