Indonesia English
Rabu, 17 Juli 2019 |
Hukum dan Kriminal

Polres Serang Latihan Olah TKP Laka Lantas

Rabu, 14 Juni 2017 15:57:05 wib - Komentar
Latihan olah TKP Laka Lantas.

SERANG,(Banten88.com):Dalam rangka menghadapi musim mudik lebaran dan meningkatkan kemampuan di lapangan, personel Satuan Lalulintas Polres Serang mengikuti pelatihan pertolongan gawat darurat (PPGD) dan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) Laka Lantas. Pelatihan olah TKP lakalantas yang digelar di halaman Mapolres Serang, Rabu (14/6), diikuti seluruh personel Satlantas serta puluhan personil Satuan Sabhara.

"Kita tidak melulu siap mengatasi keamanan dan kelancaran lalulintas tapi kita juga siap sigap dan cepat dalam bertugas menangani korban kecelakaan," ungkap Kapolres Serang AKBP Wibowo.

Kapolres yang didampingi Kepala Satuan Lalulintas, AKP Lucky Permana Putra mengatakan pelatihan bertujuan membekali anggota dalam hal pertolongan pertama adanya kecelakaan lalu lintas di tempat kejadian perkara (TKP). Kasat juga menambahkan pelatihan seperti ini dilaksanakan untuk lebih  meningkatkan keterampilan anggota di lapangan.

"Kemampuan dan kecepatan menangani kecelakaan inilah akan menunjukkan kualitas sebagai anggota polisi lalulintas," kata Kasat.

Dalam pelatihan itu diperagakan dua kendaraan motor terlibat kecelakaan di jalan raya dan diketahui kedua pengenda luka berat dan meninggal dunia tergeletak. Mendapat laporan dari masyarakat petugas Unit Lakalantas segera berangkat ke lokasi kejadian sambil membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

Dalam penangangan di lokasi kejadian ini diperagakan tindakan yang benar dalam menangani para korban, baik mencari saksi hingga penanganan mayat yang masih tergeletak di jalan. Korban luka segera dilarikan ke rumah sakit dan korban tewas sebelum dipindahkan ke kantong mayat, petugas terlebih dahulu membuat sketsa posisi korban sebelum diangkat. Cara mengangkat mayat yang benar juga dipergakan, sehingga terkesan petugas menghormati jasad korban.

"Latihan olah TKP tersebut tentunya dipandu instruktur. Terlepas dari itu dengan kegiatan ini, seluruh anggota dapat sigap dan terampil mengunakan keahliannya jika saatnya nanti di lapangan benar-benar menghadapi kejadian kecelakaan lalu lintas," cetusnya. (Okan)

KOMENTAR DISQUS :

Top