Indonesia English
Senin, 23 Juli 2018 |
Hukum dan Kriminal

Polsek Ciruas Ungkap Modus Pengiriman Motor Curian Ke Lampung

Selasa, 09 Agustus 2016 18:56:04 wib - Komentar
Ilustrasi penangkapan pelaku curanmor.

SERANG,(Banten88.com): Satuan Reskrim Polsek Ciruas akhirnya  berhasil membongkar modus operasi pengiriman kendaraan bermotor hasil kejahatan ke Pulau Sumatera. Terungkapnya kasus ini setelah petugas  meringkus Romadhon, 30, warga Dusun 34, Lampung Timur, tersangka kasus pencurian puluhan motor di wilayah Kota/Kabupaten Serang dan Tangerang.

Tersangka yang juga berprofesi sebagai supir truk tersungkur setelah bagian mata kaki kiri tertembus timah panas saat akan mengambil motor hasil curian di tempat penitipan di Komplek Taman Ciruas Permai (TCP). Satu pelaku lainnya yang diketahui bernama Sani alias Umar berhasil lolos dari kepungan pengejaran petugas.

"Ada komunikasi antara pelaku dengan penadah di Lampung untuk mengirimkan plat nomor, STNK maupun foto kopi BPKB sesuai motor yang didapat dari hasil kejahatan. Komunikasi dilakukan ketika para pemetik (pelaku) telah berhasil mendapatkan motor curian," ungkap Kapolsek Ciruas Kompol Doren kepada wartawan, Selasa (9/8). 

Setelah mendapatkan pesanan, para penadah kemudian bergerak ke Serang dan pelaku Romadhon bersama komplotannya kemudian mengambil motor-motor hasil curian yang disembunyikan disejumlah tempat penitipan motor. Ditempat yang aman kawanan ini kemudian mengganti plat nomor asli dengan yang palsu. Tujuannya, untuk mengelabui petugas jika ada pemeriksaan surat-surat kendaraan di Pelabuhan Merak ketika motor akan disebrangkan ke Pelabuhan Bakauheuni.

"Paling sedikit 5 motor dalam setiap kali pengiriman ke Lampung. Kawanan ini menargetkan harus mendapatkan 5 motor dalam sehari," ucap Kapolsek didampingi Panit Reskrim, Ipda Junaedi.

Terungkapnya kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor)  ini, lanjut Kapolsek, bermula dari laporan
Bertho Pasaribu, warga Bumi Ciruas Permai setelah kehilangan motor Honda CBR A 2611 HJ saat di parkir di halaman Klinik Mustajam, Ciruas pada Selasa (26/7) lalu. Berbekal dari laporan itu, tim reskrim yang dipimpin Ipda Junaedi langsung menelusuri lokasi tempat penitipan motor.

Di penitipan motor Komplek TCP, petugas mencurigai motor Honda CBR yang plat nomernya ditekuk. Setelah diperiksa ternyata sesuai dengan nopol motor milik Bertho. Untuk menunggu pelakunya, petugas secara bergantian mengintai tempat penitipan tersebut. Pada Minggu (7/8) sekitar pukul 10.00, tersangka Romadhon dan Umar muncul. Saat disergap, keduanya berusaha kabur namun Romadhon berhasil ditangkap setelah kena tembakan.
 
"Setelah dilakukan pemeriksaan, kami akhirnya mendapatkan 3 unit motor hasil curian dari sejumlah tempat penitipan motor dan kunci T. Tersangka Romadhon mengakui telah mencuri 2 motor di Jayanti, Tangerang, Ciruas dan Cikande 16 motor dan wilayah Kota Serang 3 motor," terang Kapolsek.(Pes).

KOMENTAR DISQUS :

Top