Indonesia English
Senin, 08 Agustus 2022 |
Politik

Presiden Jokowi Direncanakan Melantik Gubenur dan Wakil Gubenur Banten Bulan Mei

Rabu, 26 April 2017 22:09:22 wib - Komentar
Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono.

SERANG,(Banten88.com):Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Dirjen (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) telah menetukan waktu pelaksanaan pelantikan gubenur dan wakil gubenur Banten terpilih hasil pilkada serentak 2017.

Berdasarkan informasi yang diterima, Ditjen Otda Kemendagri telah mengirimkan surat terkait jadwal pelantikan serentak hasil pilkada tahun 2017 kepada Mendagri Tahjo Kumolo. Dalam surat itu diketahui, pelantikan gubenur dan wakil gubernur Banten dilangsungkan pada Minggu ke empat bulan Mei 2017.

Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono membenarkan informasi tersebut. Meski begitu, terkait tanggal pasti pelantikan belum bisa dipastikan. “Yang jelas minggu ke empat Mei ini. Tanggal pastinya bisa mundur bisa tidak,” kata Sumarsono saat dihubungi wartawan via telepon, Rabu (26/4).

Saat ditanya apakah Pemprov Banten sudah menerima surat pemberitahuan perihal pelantikan kepala daerah terpilih, Sumarsono meminta untuk bersabar. “Sabar dan tunggu informasi lebih lanjut,” singkatnya.

Diketahui, dalam surat ajuan kepada Mendagri, Ditjen Otda mengusulkan untuk pelantikan kepala daerah baik baik gubenur, bupati dan walikota dibagi tiga tahap.

Tahap pertama, untuk pelantikan gubenur dilaksanakan pada minggu ke empat Mei 2017, setidaknya terdapat 5 kepala daerah provinsi yang dilantik pada tahap pertama, yakni Provinsi Banten, Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Kepualauan Bangka Belitung, dan Provinsi Papua Barat.

Untuk tahap ke dua pelantikan gubenur dan wakil gubenur Aceh dilaksanakan pada minggu ke satu bulan Juli 2017. Sedangkan pelantikan gubenur dan wakil gubenur DKI Jakarta akan dilaksanakan pada minggu ke empat bulan Oktober pada tahun yang sama. Untuk pelantikan kepala daerah tingkat provinsi dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta.

Seperti halnya pelantikan kepala daerah tingkat provinsi, pelantikan kepala daerah tingkat kabupaten/kota juga dilasanakan dalam tiga tahap. Untuk tahap pertama akan dilaksanakan pada minggu ke empat Mei 2017, untuk jumlah kepala daerah kabupaten/kota yang dilantik sebanyak 34 daerah dengan rincian 29 kabupaten dan 5 kota.

Tahap kedua dilakukan pada minggu kedua Juli 2017, dengan jumlah kepala daerah yang dilantik sebanyak 14 daerah dengan rincian 12 kabupaten dan 2 kota. tahap ketiga dilaksanakan pada minggu ke empat Desember 2017, dengan total kepala daerah yang dilantik berjumlah 26 daerah dengan rincian 19 kabupaten dan 7 kota.

Dalam petikan selanjutnya, jumlah kepala daerah khusunya kabupaten/kota belum termasuk pelaksanaan bupati/walikota di Provinsi Aceh yang berjumlah 20 daerah (16 kabupaten dan 4 kota) yang masing-masing dilantik dalam sidang paripurna DPRD kabupaten/kota.

Untuk mekanisme pelantikan di Provinsi Aceh, pelaksanaanya berpedoman pada ketentuan pasal 69 dan pasal 70 UU Nomor 11 tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh. Hal tyersebut sejalan dengan ketentuan pasal 199 UU nomor 1 tahun 2015 yang mengedepankan peraturan dalam UU daerah khusus/istimewa jika substansinya telah diatur tersendiri.(ERN).

KOMENTAR DISQUS :

Top