Indonesia English
Selasa, 04 Oktober 2022 |
Nasional

Provinsi Banten Peringkat Ketiga Olimpiade Sains Nasional 2018.

Senin, 09 Juli 2018 13:25:34 wib - Komentar
Provinsi Banten berada di peringkat ketiga pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat dengan perolehan 11 medali emas, 14 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Serang,(Banten88.com): Provinsi Banten berada di peringkat ketiga pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat dengan perolehan 11 medali emas, 14 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang medali dan juara umum dalam OSN 2018.

Ia berharap agar para peserta OSN ini melanjutkan studinya tetap di bidang sains pada jenjang pendidikan berikutnya. Serta ke depan menjadikan sains sebagai pilihan hidupnya.

“Kelak 30 tahun atau 40 tahun yang akan datang akan muncul ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari OSN ini,” ujar Muhadjir, dalam keterangan tertulis, Jumat (6/7/2018).

OSN ke-17 kali ini diikuti oleh 1.433 siswa terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Mereka berlomba di 11 bidang yang meliputi matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, infomatika/komputer, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi, dan ekonomi.

Pemerintah sangat mengapresiasi daya dan upaya yang maksimal kepada pemerintah daerah Sumatra Barat yang telah mendukung penyelenggaraan OSN tahun ini, sehingga berjalan baik dan lancar.

Sementara itu sebelumnya Dinas Pendidikan & Kebudayaan Banten  menyelenggarakan Olimpiade Sains  Tingkat Provinsi Banten.

Asisten Daerah (Asda) I Pemprov Banten, Anwar Mas'ud  membuka kegiatan Olimpiade Sains (OS) SMA Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan oleh  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Banten berlangsung mulai tanggal 17 April hingga 19 April 2018.

Asda I pemprov Banten Anwar Mas,ud  mengatakan, salah satu arah kebijakan program pembangunan pendidikan nasional adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin, secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai usaha proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal.

Dijelaskan Anwar, Misi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem dan iklim pendidikan national yang demokratis dan bermutu, guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin serta  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mutu sumber daya manusia suatu bangsa tergantung pada mutu pendidikan. dengan berbagai strategi, peningkatan mutu diarahkan utuk meningkatkan mutu siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dasar, penguasaan bahasa asing dan penanaman sikap dan perilaku yang mencerminkan budi pekerti.

Ditambahkan Anwar, Era globalisasi memberikan inspirasi positif dalam masyarakat nasional dan internasional. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, masa depan provinsi Banten sangat membutuhkan kemampuan kompetitif di kalangan pelajar untuk bersaing secara sehat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Banten telah memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang mengarah pada kreativitas dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu dengan lomba-lomba berskala provinsi seperti olimpiade sains  tingkat SMA ini.

Seperti diketahui, Olimpiade Sains SMA tingkat Provinsi  Banten merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan yang telah disebutkan di atas. Pelaksanaan olimpiade secara berkelanjutan akan berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. pada gilirannya, siswa akan memiliki kesempatan mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya melalui pembelajaran yang kreatif, efektif dan menyenangkan.

Atas dasar pemikiran tersebut, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Banten melakukan upaya-upaya dengan menyelenggarakan kegiatan yang mengarah pada peningkatan kreatifitas siswa dalam bidang IPTEK yang berskala Provinsi diantaranya Olimpiade Sains (OS) SMA Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018.

TUJUAN pelaksanaan kegiatan Olimpiade Sains (OS) SMA Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018 yaitu:

1.Memperluas wawasan para siswa SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analisis, mampu bersaing secara kompetitif dalam bidang sains dan teknologi secara efektif. Menumbuh kembangkan suasana kompetitif yang sehat dikalangan siswa SMA, antar sekolah, antar kabupaten/kota, antar provinsi serta tingkat nasional.

2.Meningkatkan wawasan, pengetahuan, kemampuan, kreatifitas, serta menanamkan sikap disiplin ilmiah serta kerja keras para remaja untuk menguasai imu pengetahuan dan teknologi.

3.Menyeleksi Juara Olimpiade Sains (OS) Tingkat Provisnsi Tahun 2018.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan Olimpiade Sains (OS) SMA Tingkat Provinsi Banten.

1.Meningkatnya wawasan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dalam bidang sains dan teknologi secara efektif;

2.Terciptanya suasana kompetisi yang sehat dikalangan siswa;

3.Tersedianya sarana untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

4.Terseleksinya Juara Olimpiade Sains (OS) Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018.

Bidang Sains yang di lombakan  terdiri : 1.Matematika . 2. Fisika. 3. Kimia. 4. Informatika/Komputer. 5. Biologi. 6. Astronomi. 7. Ekonomi. 8. Kebumian. 9. Geografi.

Sasaran dari pelaksanaan kegiatan Olimpiade Sains (OS) SMA Tahun 2018 adalah Siswa/i pemenang Olimpiade Sains (OS) Tingkat Kabupaten/Kota se Provinsi Banten sebanyak 45 peserta serta 2 orang pendamping. (Advertorial).

KOMENTAR DISQUS :

Top