Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Politik

PT Dian Rakyat Cetak Surat Suara Untuk Pilgub Banten

Rabu, 11 Januari 2017 13:42:12 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, hari ini Rabu (11/1), mulai mencetak suara yang akan digunakan pada pemilihan Gubenur (Pilgub) Banten 2017 Februari mendatang. Sedangkan perusahaan yang memenangkan lelang pembuatan surat suara yakni PT Dian Rakyat yang berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta.

Ketua KPU Banten Agus Supriatna mengungkapkan, bahwa besok (hari ini red) pihaknya sudah mulai mencetak surat suara. Ia pun mengakuk akan langsung mengecek proses cetak surat suara yang akan digunakan pada Pilgub Banten nanti yang dimulai 11-23 Januari ini.

“Kita akan melakukan monitoring langsung. Kemarin kita juga sudah tanyakan ke PT Dian Rakyat selaku pemenang tender cetakl surat suara terkait kesanggupan mereka, dan mereka menyanggupi cetak surat suara sebanyak 800 ribu per hari,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (10/1).

Dijelaskan Agus, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dua pasangan cagub dan cawagub yakni pasangan nomor satu Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) dan pasangan nomor dua Rano Karno-Embay Mulya Syarief (Rano-Mulya) terkait pemasangan foto untuk dipasang di surat suara.

“Kita sudah mintai aprooving ke meraka, dan mereka setuju. Lalu kita sampaikan ke perusahaan yang jadi pemenang tender,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil kesepakatan dengan pihak ketiga mulai cetak tanggal 11 Januari sampai 23 Januari 2017. Agus mengungkapkan, proses distribusi juga akan dilakukan mulai 14 Januari ke KPU kabupaten/kota.

“Untuk distribusi pertama itu Kabupaten Tangerang, karena pemilihnya paling banyak di Banten, yaitu diatas 2 juta pemilih lebih itu. Nah, setelah itu lalu kemudian semua kabupaten kota tanggal 23 Januari, itu logistik surat suara sudah selesai semua dan ada di kabupaten/kota,” paparnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, selanjutnya KPU kabupaten/kota akan menyortir dan melakukan pelipatan surat suara. “Nanti KPU kabupaten/kota yang menyortir, mana surat suara yang rusak mana yang layak dipakai dan mana yang tidak. Kalau yang tidak layak yang rusak atau apa nanti akan digantikan oleh pihak ketiga, lalu kemudian setelah itu baru dilipat-lipat surat suara,” ujarnya.

Agus memaparkan, setelah proses penyortiran dan pelipatan selesai makan srat suara akan didistribusikan PPK KPPS. Menuurtnya, tanggal 14 Februari 2017 semua logistik baik surat suara dan kotak suara sudah sampai ke TPS.

Sementara, Komisioner KPU Banten Pokja Logistik Agus Supadmo mengatakan, surat suara yang telah dicetak akan langsung didistribuskan secara bertahap. “Sebagian yang sudah dicetak langsung dikirim," kata Supadmo.

Dijelaskan Supadmo, sesuai aturan, KPU akan mencetak surat suara sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen. "Jumlah DPT 7,7 juta. Jadi total surat suara yang dicetak 7,9 juta," ujarnya.

Sementara untuk tinta, Supadmo mengaku tengah tahap produksi. KPU RI bersama KPU Banten pada Rabu akan meninjau langsung proses pencetakan surat suara untuk memastikan prosesnya berjalan baik.(ERN).

KOMENTAR DISQUS :

Top