Indonesia English
Minggu, 22 Juli 2018 |
Seputar Banten

Puluhan Calon Jamaah Haji 4 Kecamatan Ikuti Bimbingan

Rabu, 27 Juni 2018 10:45:37 wib - Komentar
Puluhan calon jamaah haji dari 4 kecamatan ikuti bimbingan manasik di aula masjid Jami Al Mudzakkaroh. (Foto:Iman).

Serang(Banten88.com): Sebanyak 65 orang para calon jemaah haji dari kecamatan Cikande, Bandung, Jawilan dan Kopo mengikuti bimbingan manasik haji, tahun 2018 Mahesi/ 1439 Hijiyah. Para jamaah haji mendapat tambahan pengetahuan dari jam 13.00 Wib sampai 17.00 Wib. Pada pelaksanaan hari kedua ini, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Serang, Drs. H. Abdurroup, M.Si berkenan menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini. Bimbingan ini dilaksanakan dari 25 Juni 2018 sampai 2 Juli 2018, di lantai atas masjid Jami Al Mudzakkaroh, Perum Cikande Indah, kecamatan Cikande, kabupaten Serang. Hal ini dikatakan Kepala KUA Cikande, Mutholib, S.Ag, M.Si selaku penanggung jawab kegiatan didampingi ketua panitia, Tabrani, S.HI kepada wartawan, Selasa (26/6/2018).

Mutholib berharap dengan pelaksanaan bimbingan Manasik haji, tahun 1439 Hijriyah/2018 Masehi, tingkat kecamatan Cikande, Bandung, Kopo dan Jawilan, para jamaah calon haji dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang manasik haji yang berkualitas sehingga meraih haji mabrur.

“Calon jemaah haji dari kecamatan Cikande ada 41 orang, dari kecamatan Bandung ada 11 orang, dari Jawilan ada 5 orang dan Kopo ada 8 orang. Jadi totalnya ada 65 orang yang ikut bimbingan,”kata Mutholib.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Serang, Drs. H. Abdurroup, M.Si menambahkan, untuk calon jemaah haji di kabupaten serang daftar awal berjumlah 1041 orang. Setelah ada yang sakit, mutasi ke kota Cilegon, Kota Serang dan mengundurkan diri serta yang tidak melunasi pembayaran sehingga sekarang ini diangka 960 orang. Pemberangkatannya terbagi menjadi 3 kloter yakni dua kloter di gelombang pertama pada 18 Juli 2018 dan 27 Juli 2018. Sedangkan satu kloter lagi, sekitar 160 jamah calon haji dari kabupaten Serang digabung dengan Kota Tangerang dan pemberangkatannya dari masing-masing kabupaten/kota, bertemu di embakasi, Pondok gede.

“Insyaalloh tahun ini berjumlah 960 orang, tidak jauh berbeda dengan tahun lalu sekitar 940 orang, ada kenaikan meskipun hanya sedikit. Tetapi jika tidak ada mutasi, kita di angka 1041 orang,”kata H. Abdurroup.

Sudah menjadi agenda Kementrian Agama, tim manasik di tingkat kecamatan yang dikomandoi oleh kepala KUA, melakukan bimbingan sebanyak 8 putaran kemudian nanti dua putarannya di tingkat kabupaten, menyeluruh dari semua calon jamaah haji dari masing-masing kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Serang mengikuti bimbingan manasik haji masal (Bimsik Masal). Sebenarnya 8 putaran ini bisa difullkan menjadi 4 hari karena dalam satu pertemuan, dua mata ajar yang disampaikan, dari pagi sampai siang dan siang sampai sore. Untuk kesehatan dianjurkan para calon jemaah haji selalu berkonsultasi dengan pihak Puskesmas terutama yang memiliki penyakit menahun, pengobatannya harus intens kemudian untuk jaga kesehatan agar banyak berolah raga dan mengkonsumsi makanan dan minuman berprotein tinggi juga vitamin supaya fit. Karena haji itu, pada pelaksanaannya membutuhkan kekuatan fisik disana, seperti towaf mengelilingi ka’bah, sa’i tujuh balik sofa marwah juga membutuhkan fisik yang prima seperti di Armina (Arofah, musdalifah dan mina) termasuk melempar jumroh.

“kami menghimbau kepada para calon jamaah haji menjaga kesehatan, makan yang teratur, bergizi, berprotein dan vitamin. Setiap pagi kalau bisa jalan kaki dengan jarak 500 meter sampai 1000 meter, melonggarkan sendi-sendi yang kaku dan bawa perlengkapan ditas secukupnya maksimal 32 kilogram,”ungkapnya. V. Iman.

 

KOMENTAR DISQUS :

Top