Indonesia English
Minggu, 29 Maret 2020 |
Peristiwa

PUNCAK EVENT DIES NATALIS KE 63, LIMA RIBU LEBIH CROSSER GERUDUG BUKIT INDAH IPDN

Senin, 01 April 2019 10:08:06 wib - Komentar
PRESIDEN Leopard Adam Ismail (kiri) bersama Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan (kanan).

BANDUNG (Banten88.com) :ADA pemandangan yang tidak biasa pada Sabtu (30/3/2019), sepanjang jalur Citebon – Bandung , tampak beriringan mobil - mobil pick up bak terbuka membawa sepeda motor jenis trail berbagai merk dengan kapasitas 150 cc. Mereka menuju Bukit IPDN yang berlokasi di Desa Sindang Sari, Kiara Payung yang aksesnya dari pintu utama kampus Unpad, Jatinangor, Sumedang Jawa Barat.

Para pemilik sepeda motor ini bersama 5000 lebih crosser se Indonesia  ambil bagian dalam mega acara bertajuk " Jelajah Lembah Manglayang Bersama Leopard. Advemture Trail Motor Club IPDN " yang start dan finisnya di Bukit Indah IPDN. Kegiatan ini adalah dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke 63 Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sekaligus menutup event IPDN Expo 2019.

Dalam pengamatan media cyber Banten88, Sabtu pagi itu udara Jatinangor utamanya akses menuju Bukit Indah IPDN dipenuhi asap sepeda motor trail yang " menggerung gerung " (gas pol ) ingin melesat paling kilat menuju lokasi start. Tapi apa daya jalan akses menuju lokasi pada jam 08.00 itu sudah macet parah. Mobil pick up pengangkut motor trail, harus berebut jalan dengan para crosser dan kendaraan warga yang ingin menyaksikan dahsyatnya event berkelas internasional ini karena juga diikuti crosser dari luar negeri.

Dalam sejarah baru kali ini terjadi, lalulintas Kiara Payung " ambruk total " dari dua arah. Baik saat berangkat ke lokasi maupun pulang. Polantas Polres Sumedang dan petugas Pamdal (Pengamanan Dalam) IPDN terus bergerak mengurai, agar kemacetan parah bisa diatasi.

Acara petualangan dengan motor trail dilembah gunung Manglayang diselenggarakan oleh komunitas penggemar olahraga motor trail " Leopard " yang anggotanya adalah kalangan intelektual yang bekerja dikampus IPDN dan masyarakat sekitar. Presiden Leopard dijabat Adam Ismail, SE, S.Pd, M.Si dan ketua Dewan Penasehat Doctor Bernhard E. Rondonuwu.

HARUS DIAWALI DISIPLIN

Dies Natalis IPDN ke 63 memiliki tema besar " Sukseskan Pemilu Pilpres Serentak 2019 ". Rektor IPDN, Prof.Dr.Murtir Jeddawi, SH, S.Sos, M.Si yang berada di panggung kehormatan, ketika disambangi media cyber Banten88 mengatakan " Segala sesuatunya harus diawali dengan disiplin. Para crosser ini bisa mengendalikan sepeda motornya dengan baik dan selamat karena disiplin. Dan Disiplin harus dimiliki seluruh praja IPDN ", tegas Murtir Jeddawi putra cerdas dari Sulsel yang sukses meraih pendidikan dan karier di " Tanah Parahyangan " ini. Lebih lanjut ia memaparkan, untuk memeriahkan Dies Natalis ke 63 IPDN menyelenggarakan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah " Adventure Trail " jelajah Lembah Manglayang. Tujuan untuk menyalurkan hoby, mengenal dan menjaga alam dan yang sangat penting adalah menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta sekaligus memberikan informasi bahwa Pemilu 17 April 2019 harus disukseskan bersama sesuai ketentuan yang berlaku, tegas Rektor IPDN Murtir Jeddawi.

WABUB SUMEDANG START PERTAMA

Jam 7.30 Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan tampil di start pertama mengendarai sepeda motor Kawasaki Trail 150 cc dengan nomor 088 didampingi presiden Leopard Adam Ismail  menunggang sepeda motor Kawasaki trail bernomor 099 bertuliskan " Adam Jagau ". Setelah sekitar 4 jam bermanuver, Erwan dan Adam tiba di garis finish.

Ketika ditanya media cyber Banten88.com terkait potensi pariwisata dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Wabup Erwan menegaskan, jelas terlihat dan terasakan daya tarik pariwisata karena keindahan alam Kabupaten Sumedang yang menawan. Kalau soal PAD harus ada kajian terlebih dahulu, baru saya bisa komentar, tutur Erwan yang dulu sering menggunakan sepeda motor merk KTM.  Soal nge track di lintasan sudah sering dilakukan sehingga ia tak gentar dengan jalur yang extrem. " Tapi Alhamdulillah sudah saya chek, tidak ada peserta yang cidera ," ungkapnya. Event besar seperti ini, diakuinya  akan menggerakan ekonomi masyarakat Sumedang khususnya warga Jatinangor selain memberikan hiburan sehat untuk masyarakat, pungkas Wabub Sumedang Erwan Setiawan.

AMAN LANCAR & TERTIB

Ade Sofyan Kepala Desa Sindang Sari yang wilayahnya dijadikan arena " Adventure Trail "  merasa senang karena acara berlangsung aman, tertib dan lancar. Disamping itu, masyarakat Sindangsari bisa berjualan sehingga punya pemasukan secara keuangan sekaligus masyarakat dapat hiburan. Kerjasama dengan IPDN harus terus ditingkatkan bahkan kegiatan praja IPDN tiap minggu juga berlangsung diwilayah Desa Sindangsari yang ia pimpin. " Semoga tahun depan acara ini bisa digelar lagi ditempat ini,  harap Ade Sofyan Kades Sindang Sari.

CROSSER DARI AUSTRALIA & AZERBAIJAN

Presiden Leopard Adam Ismail tak mampu menyembunyikan rasa haru dan bahagia atas suksesnya mega acara " Adventure Trail " yang semula hanya ditargetkan 3000 peserta saja ternyata malah mencapai 5000 crosser yang ambil bagian.

Event ini bisa dikategorikan event internasional karena diikuti crosser dari Australia dan Azer Baijan ex wilayah negara Uni Soviet.

Mr.Jim crosser dari Australia usai menerima piala yang diserahkan langsung oleh presiden Leopard, Adam Ismail ketika dicegat Banten88.com berkomentar " Acaranya luar biasa, medannya menantang tapi saya sangat senang, ungkap Jim tak mampu menyembunyikan rasa bahagianya.

Sementara menurut Adam Ismail kepada Banten88.com, beberapa faktor yang membuat acara ini sukses adalah : Perencanaan yang matang, zona yang bagus dan menantang, suport yang baik sehingga acara berjalan lancar dan ditambah dengan sistem managemen yang baik. " Namun kita tidak bisa melawan alam. Hujan yang turun sebelumnya menjadikan jalur makin becek dan licin," tambah Adam lagi. Selanjutnya Adam mengatakan " Acara ini terselenggara dengan sukses saya sangat senang, sangat puas. Artinya disamping para peserta itu memang hoby dengan olahraga motor trail, tapi mereka memberi suport dan dukungan yang baik kepada saya,"

paparnya. Menjawab pertanyaan Banten88.com bahwa event besar ini sukses kaitannya dengan citra yang baik dan nama baik IPDN?, Adam menjawab " IPDN adalah Leopard, Leopard adalah IPDN," tutur Adam Ismail.

Para peserta selain berasal dari kota - kota di Jabar dan luar negeri juga datang dari Riau, Sumut, Sumsel, Lampung, Banten, DKI Jakarta dan kota - kota lain di Indonesia.

PANITIA MOHON MAAF

Sudaryana yang akrab disapa Uday kepada Banten88.com menyampaikan permohonan maaf kepada para crosser yang tidak mungkin didaftar dan diasuransikan, karena jumlah peserta sudah mencapai 5000 crosser. " Namun teman - teman yang tidak terdaftar, jika ingin mencoba jalur " Adventure Trail " kami persilahkan," ungkap Uday dalam permohonan maafnya.

Ia menambahkan titik start di zona A hingga zona D sekitar 97 km, kondisi saat ini jalur extrem tikungan dan tanjakan  becek dan licin karena sebelumnya diguyur hujan.  Jarak tersebut bisa ditempuh antara 4 hingga 6 jam, ujar Uday.

PESERTA TERMUDA & TERTUA

Crosser termuda yang mengikuti event ini adalah Erza (8) siswa SDN Griba 14 Antapani Bandung.  Kemudian remaja putri Risna (18) siswi SMK 1 Bojong Purwakarta . Ia mengendarai sepeda motor Honda Trail CRF 150 cc. Sedangkan crosser tertua yakni Abah Uje Abidin (69) dan abah Wahyu (65). Kepada Banten88.com, usai menerima piala, Abah Wahyu dengan dandanan gaya metal menuturkan " Abah sebenarnya kurang sehat. Nafas abah tersengal - sengal. Namun karena sudah hoby, biar kurang sehat abah bela-belain nge track," ungkapnya sambil sesekali memegang dadanya. Sementara dari 5000 peserta, 11 diantaranya adalah crosser wanita.

MAUNG GARUT DAPAT VIOS

Acara semakin meriah ketika Wabup Sumedang Erwan Setiawan menyanyikan lagu " Mencari Alasan " hits group Extrem dari Malaysia dan Adam Ismail menggebrak dengan lagu " Karmila " mega hits 1976 milik Farid Hardja dari Bani Adam Band.

Ketika acara paling dinanti tiba yakni pembagian hadiah utama berupa satu unit sedan Toyota Vios yang beruntung adalah club motor trail " Maung Garut " dengan nomor undian 0679. Disamping itu masih ada hadiah 10 unit sepeda motor, sepeda gunung dan hadiah menarik lainnya yang sudah dibagikan kepada para pemenang. Dalam pemberian hadiah panitya tidak memungut sepeserpun uang administrasi.

CROSSER DUKUNG LEOPARD

Dari 5000 crosser yang bertarung tampak ada seorang crosser yang menepikan tunggangannya disisi garis start. " Kunaon a ?. (ada apa kang) tanya Banten88.com. Crosser muda itu menjawab " Saya sedang pusing motor tiba - tiba mogok tak mau hidup. Jawabnya dengan hati gundah. Sementara itu Yosep seorang crosser dari Medan dengan plat nomor BK dan  crosser dari Garut mengharap agar Leopard IPDN secara rutin bisa menyelenggarakan event seperti ini, pintanya penuh harap. " Leopard mantap," tutur Yosep sambil mengacungkan jempol sebelum menggerung – gerung gas motornya dan melesat bagaikan kilat. (Seno Supono).

KOMENTAR DISQUS :

Top