Indonesia English
Minggu, 29 Maret 2020 |
Advetorial

RAIH AKREDITASI PARIPURNA TINGKAT NASIONAL RS SEKAR KAMULYAN CIGUGUR TERDEPAN DALAM MUTU & PELAYANAN KESEHATAN

Rabu, 05 Februari 2020 17:19:02 wib - Komentar
SERTIFIKAT lulus Akreditasi tingkat Paripurna yang diperoleh RS Sekar Kamulyan, Cigugur, Kuningan Jabar dari KARS Pusat Jakarta.

Oleh : Seno Supono, Jurnalis Banten88.com

RUMAH sakit Sekar Kamulyan yang berlokasi di Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jabar, semakin terdepan dalam menancapkan eksistensinya dalam pemberian layanan dan mutu kesehatan kepada masyarakat khususnya di Wilayah III yang meliputi Kuningan, Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Para meternya adalah rumah sakit senior yang berdiri sejak 1965 ini dua kali berturut - turut menyabet penghargaan bergengsi dibidang layanan kesehatan yakni lulus Akreditasi tingkat Paripurna dengan simbol Bintang 5 pada tanggal 14 Agustus 2015 dan 27 Oktober 2018.

Penyerahan sertifikat lulus Akreditasi tingkat Paripurna yang diperoleh kedua kalinya telah diserahkan oleh Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumahsakit (KARS), dr.Sutoto, M.Kes pada 7 Desember 2018 lalu kepada Direktur RS. Sekar Kamulyan, drg. Retno BU, MM didampingi Wakil Direktur Medis, dr. Andreas Sigit LDK, Sp, PD, Wakil Direktur Keperawatan Sr.Viani, CB dan Wakil Direktur Umum, BM. Abdianto, SH.

RS TELAH PENUHI STANDART PELAYANAN

KARS adalah lembaga Independent yang melakukan assesment terhadap rumah sakit berdasarkan standart akreditasi yang berlaku. Rumah sakit yang telah terakreditasi akan memperoleh pengakuan dari pemerintah karena telah memenuhi standart pelayanan management yang telah ditetapkan.

Sementara dari pihak KARS pusat Jakarta, media cyber Banten88.com memperoleh informasi bahwa tujuan dan manfaat akreditasi yang dilakukan KARS terhadap rumah sakit, adalah guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit yang bersangkutan, karena telah berorientasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

Proses administrasi, biaya serta penggunaan sumber daya akan lebih efisien.

Mempertahankan lingkungan internal Rumah Sakit yang lebih kondusif untuk penyembuhan, pengobatan dan perawatan pasien.

Mendengar pasien dan keluarga serta menghormati hak - hak pasien serta melibatkan mereka dalam proses perawatan.

Juga memberikan jaminan kepuasan serta perlindungan kepada masyarakat atas pemberian pelayanan kesehatan

PENGHARGAAN DARI MENKES

Pada 29 Desember 2009, rumah sakit ini juga telah memperoleh sertifikat akreditasi dari Dirjen Bina Pelayanan Medik Depkes yang menegaskan bahwa rumah sakit Sekar Kamulyan Kuningan telah memenuhi standar pelayanan rumah sakit meliputi : Administrasi dan management, pelayanan medis, pelayanan gawat darurat, pelayanan keperawatan, rekam medis dengan status akreditasi Penuh Tingkat Dasar.

Rumah sakit ini konsisten dengan kredonya yakni Pancen Welas Asih Sareng Sesami yang artinya memberikan rasa kasih yang tulus kepada sesama dan terus menerus melakukan perbaikan pelayanan.

Seperti dikatakan petugas bagian Humas RS. Sekar Kamulyan Isah, bahwa pihak rumah sakit akan terus menerus melakukan perbaikan pelayanan kesehatan. Apapun bentuk keluhan pasien, ini merupakan masukan yang berharga buat rumah sakit untuk terus melakukan perbaikan pelayanan, tutur Isah kepada Banten88.com usai ia turun kelapangan guna mendengar keluhan pasien.

Dengan menyabet berbagai penghargaan yang terkait dengan keberhasilan peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan tidak lantas membuat RS Sekar Kamulyan Jumawa, namun tetap rendah hati. Ini ia buktikan dengan menyebar daftar pertanyaan keseluruh pasien tentang penilaian pasien atas pelayanan kesehatan yang telah diberikan pihak rumah sakit. Para pasien bebas mengemukakan pandangan dan pokok - pokok pikirannya juga kritik dan saran demi perbaikan pelayanan rumah sakit terhadap pasien.

KOMENTAR DISQUS :

Top