Indonesia English
Selasa, 25 Juni 2019 |
Peristiwa

Rano Karno Berangkatkan Mudik Gratis

Kamis, 09 Juli 2015 19:24:49 wib - Komentar
Ilustrasi Bus mudik gratis 2015.

Serang,(Banten88.com): Sekitar dua ribu warga Banten mudik gratis bersama Pemprov Banten, Kamis (09/07). Keberangkatan mereka ke kampung halaman dilepas oleh Plt Gubernur Banten Rano Karno dan Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah. Sekda Banten Kurdi Matin dan Kadishubkominfo Revrie Aroes pun ikut mengantar pemudik di Halaman Masjid KP3B Curug Kota Serang.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten Revri Aroes mengatakan, pihaknya menyediakan sebanyak 40 armada berkapasitas 50 penumpang yang akan menampung sekitar 2.000 pemudik. “Program mudik gratis ini melayani pemudik ke sembilan lokasi tujuan yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera. Sembilan daerah tujuan yang disiapkan untuk program mudik gratis ini yakni Lampung, Solo, Jogyakarta, Semarang, Purwokerto, Cilacap, Cirebon, Tegal, dan Tasikmalaya,” kata Revri.

Ia mengatakan, demi menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang, pihaknya bersama BNN dan Direktorat Narkoba Polda Banten sudah melakukan tes urine kepada para sopir bus. “Setelah tadi pagi kami cek, alhamdulillah sopir dan sopir cadangannya negatif narkoba.

Ini dilakukan agar para pemudik nyaman di perjalanan dan menghindari bahaya kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menjelaskan, program mudik gratis ini merupakan bagian dari upaya Pemprov Banten mengurangi penggunaan kendaraan pribadi para pemudik.

Selain itu, sebagai upaya untuk mengurangi beban kendaraan pada saat arus mudik, meminimalisasi kesemrawutan kemacetan dan kendaraan yang pada akhirnya mengurangi angka kecelakaan saat mudik lebaran. “Setelah beberapa tahun ga ada, tahun ini kita adain lagi. Kalau tahun cuma 200, tahun depan harus lebih banyak lagi.

Cuma mereka (pemudik) minta berangkatnya H-4 karena kerjanya udah pada libur. Menurutnya, hal yang terpenting dari mudik gratis ini adalah untuk menekan tingkat kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pemudik terutama sepeda motor. “Sasarannya memang pengguna roda yang bermukim di Banten,” singkatnya.

Salah seorang pemudik Masrumi yang akan mudik ke Semarang mengaku senang bisa mengikuti mudik gratis yang digelar Pemprov, karena menurutnya harga tiket ke Semarang sudah mencapai Rp 350 ribu per orang. “Saya mudik sama anak saya ke Semarang. Alhamdulillah bisa mudik gratis bisa mengurangi biaya, saya kebetulan sudah tidak kerja dan anak saya sudah libur sekolah,” ucap Masrumi yang sudah tinggal selama 25 tahun di Pasar Kemis Tangerang ini.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top