Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Olahraga

Ratusan Atlet Disabilitas Meriahkan Peparpeda VII Tahun 2022 Provinsi Banten

Selasa, 14 Juni 2022 20:12:39 wib - Komentar

 


SERANG,(Banten88.com): Sebanyak 210 atlet disabilitas memeriahkan pembukaan pergelaran Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda) VII Tahun 2022 Tingkat Provinsi Banten. Acara pembukaan dilaksanakan di GOR Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Senin (13/6/2022).

Jumlah itu terdiri dari atlet dan official dari masing-masing daerah di Provinsi Banten, yang terdiri dari Kabupaten Pandeglang 20 atlet dan 8 official, Kabupaten Lebak 20 atlet dan 8 official dan Kabupaten Serang 18 atlet dan 8 official.

Kemudian dari Kota Tangerang sebanyak 19 atlet dan 8 official, Kota Cilegon 20 atlet dan 8 official, Kota Serang 17 atlet dan 8 official, Kota Tangerang Selatan 16 atlet dan 8 official, dan terakhir Kabupaten Tangerang sebanyak 16 atlet dan 8 official.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Ahmad Syaukani dalam sambutannya mengatakan Peparpeda ke-VII Tahun 2022 ini merupakan puncak dari pembinaan olahraga pelajar disabilitas di Provinsi Banten yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap.

"Sekaligus juga sebagai ajang persiapan atlet pelajar disabilitas Banten menuju Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) ke- XVI Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan," ungkapnya.

Sedangkan untuk tujuan kegiatan ini, lanjutnya, untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar disabilitas Banten, dan ajang seleksi pembentukan tim pelajar disabilitas Banten yang akan dipersiapkan pada kegiatan multi event olahraga pelajar disabilitas tingkat nasional.

Kemudian mencetak dan melahirkan calon-calon atlet pelajar disabilitas Banten yang di masa depan akan menjadi atlet andalan Banten dan Nasional.

"Serta momentum peningkatan gairah dan motivasi atlet pelajar disabilitas untuk berlatih dan berprestasi di ajang olahraga dan memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

Dikatakan Syaukani, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 13-15 Juni 2022 yang berlokasi di enam tempat, untuk Atletik di Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Bulutangkis di GOR Bulutangkis Alun-Alun, Boccia di Ballroom Hotel Le Dian, Catur di Hotel Le Dian, Tenis Meja di GGR Maulana Yusuf Ciceri dan di Hotel Le Dian untuk Tenis Meja Tuna Netra serta kolam renang Kopasus untuk Cabor renang.

Syaukani menjelaskan, ada enam Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam Peparpeda tahun ini, yakni Atletik, Bulutangkis, Boccia, Catur, Tenis Meja dan Renang.

"Untuk nomor atau kelas yang dipertandingkan sebanyak 120 yang terdiri dari 55 kelas putra dan putri dan 10 kelas campuran," ujarnya.

Syaukani yang juga sebagai Ketua SC pelaksanaan Peparpeda VII tingkat Provinsi Banten itu melanjutkan, untuk kelas Atletik yang akan dipertandingkan sebanyak 40 kelas, masing-masing 20 kelas untuk putra dan putri. Lalu kelas bulutangkis sebanyak 10 kelas pertandingan, 4 kelas tunggal putra, 4 kelas tunggal putri dan 2 kelas ganda campuran.

Untuk Cabor Boccia 4 kelas pertandingan (mix) putra dan putri. Cabor Catur 6 kelas pertandingan, masing-masing 3 kelas putra dan putri. Cabor Tenis Meja 14 kelas pertandingan, 5 kelas putra, 5 kelas putri dan 4 kelas ganda campuran. Dan terakhir Cabor Renang dengan 46 kelas pertandingan, masing-masing 23 kelas untuk putra dan putri.

"Medali yang diperebutkan pada Peparpeda ke- VII Tahun 2022 sebanyak 388 Medali yang terdiri dari 120 Emas, 120 Perak dan 148 Perunggu," katanya.(AD).

KOMENTAR DISQUS :

Top