Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Pendidikan

Ratusan Siswa SMK Ikhlas Jawilan Praktek Kerja Lapangan

Rabu, 26 September 2018 10:00:20 wib - Komentar
Guru SMK Ikhlas mengakomodir peserta didik yang akan melakukan praktek kerja lapangan di salah satu perusahaan

Serang,(Banten88.com): Ratusan peserta didik SMK Ikhlas Multi Program sedang mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di puluhan perusahaan yang tersebar di wilayah kabupaten Serang maupun di Kabupaten Tangerang. Pelajar kelas XI dari berbagai jurusan yakni akutansi, manajemen perkantoran, teknik komputer dan jaringan, multi media, automotif dan asisten perawat, pada semester melaksanakan praktek langsung ke perusahaan dan ada yang ke Puskesmas sebagai mitra sekolah. Hal itu dikatakan M. Syarifudin, S.Pd.I bidang hubungan masyarakat dan kerja (Hubmasker) kepada wartawan, di SMK Ikhlas Jawilan, Rabu (26/9).

Sebagai bidang Hubmasker, kata Syarifudin, pihaknya senantiasa menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat dan perusahaan sebagai mitra sekolah. Selain itu, juga salah upaya untuk mengakomodir kebutuhan praktek para peserta didik dengan memetakan beberapa jurusan yang ada korelasinya dengan dunia usaha dan industri.

Beberapa Perusahaan yang menjalin kemitraan dengan SMK Ikhlas Jawilan dan telah mengizinkan peserta didik untuk melakukan praktek kerja lapangan diantaranya PT, Yamatogawa (Kawasan Modern), PT. Ocean Asia Industri (Cikande), PT. Cipta Panel Buana (Jawilan), PT. Japfa Confeed Indonesia (Kopo), Alfaria Tbk Serang, Indomarco,Tbk Tangerang, PT.Mayora (Tangerang), PT Citra Sanxing Indonesia (Jawilan), Puskesmas Jawilan, Bandung, Kopo, Klinik Pisang Mas, PT. LPC (Modern), Panelindo Furnitech Multiguna (Jawilan), dan lain-lain. “Peserta didik yang PKL kelas XI, semester awal. Lama PKL selama 2 bulan. Setiap satu bulan sekali dimonitoring dan pada akhir kegiatan dari sekolah ada penjemputan,”katanya.

Syarifudin mengatakan, bahkan di kelas XII nanti, dari Hubungan industri dan bursa kerja khusus SMK Ikhlas mempersiapkan mereka di dunia industri dengan cara mengundang beberapa perusahaan untuk melakukan tes seleksi rekrutmen tenaga kerja di sekolah,”ungkapnya.

Kepala SMK Ikhlas Multi Program, Dr.Sirojudin menambahkan, sekolah menambah porsi jam praktek kerja lapangan bagi seluruh peserta didik. Penambahan jam praktik yang diterapkan sekolah diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian peserta didik dengan pengalaman dunia kerja sesungguhnya.

“Penambahan jam praktik dapat membuat siswa SMK lebih kompetitif di bidangnya. Kami ingin dunia SMK itu semakin melekat dengan industri dan dunia usaha, makanya kami tambah jam praktik siswa SMK. 70 persen waktu belajar dipakai untuk praktik kerja di lapangan,”pungkasnya.

Seperti contoh, hubungan kemitraan dengan HRD PT Ocean Asia Industri sudah terjalin dari tahun 2011 sampai sekarang. Setiap tahun MoU selalu diperbaharui. Rata-rata peserta didik yang PKL di perusahaan ini sebanyak 115 orang, belum di perusahaan lainnya.(Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top