Indonesia English
Kamis, 27 Juni 2019 |
Politik

Ratusan Warga Narimbang Unjuk Rasa Mendesak Pilkades Ulang

Kamis, 06 Oktober 2016 16:57:39 wib - Komentar
Unjuk Rasa Warga Narimbang Mulya di kantor Pemerintah Kabupaten Lebak,Kamis (6/10).

LEBAK,(Banten88.com):Ratusan warga Desa Narimbang Mulya Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Banten  melakukan aksi demo ke kantor Pemerintah Kabupaten Lebak,Kamis (6/10).Dalam orasinya di halaman kantor Pemkab Lebak pendemo meminta Bupati Lebak Hj Iti Oktavia Jayabaya agar menunda pelantikan Kepala Desa Narimbang Mulya  dan melaksanakan pemilihan ulang lantaran pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades)  ada kecurangan panitia yang terstruktur,sistemik dan massif sehingga pilkades cacat hukum.

Menurut pendemo hal ini telah merugikan seluruh warga Narimbang Mulya yang mengharapkan pilkades yang jujur dan adil,dengan adanya bentuk praktik kecurangan itu merupakan penodaan terhadap demokrasi dan penghianatan terhadap warga.

"Sebelum ada keputusan hukum yang ingkrah jangan ada pelantikan kades,mengingat pilkades cacat hukum,itu permintaan kami," ujar korlap aksi Agus Ruban SH.

Pendemo menuding ada unsur kesengajaan kecurangan yang dilakukan panitia dengan cara penggelembungan suara saat pilkades dilaksanakan,antara pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) itu tidak sama dengan jumlah hasil penghitungan suara.

"Ada seratus lebih selisih suara yang tidak bisa di pertanggungjawabkan oleh panitia,artinya panitia melakukan suatu kesalahan saat pilkades tersebut,"ungkap Agus Ruban.
Agus di akhir orasinya mengatakan, bila Bupati Lebak tidak mengindahkan tuntutan warga maka akan ada aksi demo susulan dengan masa yang sangat besar.  "Apa bila tuntutan warga ini tidak di kabulkan maka akan ada aksi susulan yang lebih besar,"tandasnya.

Dari pemantauan di lapangan aksi demo ini mendapat pengawalan ketat puluhan personil anggota Polres Lebak.(eli)

KOMENTAR DISQUS :

Top