Indonesia English
Kamis, 21 Maret 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

Realisasi Investasi Triwulan I Banten Mencapai Rp 12,44 triliun

Rabu, 17 Mei 2017 22:15:58 wib - Komentar
Rapat Konsolidasi Pemantauan Realisasi Penanaman Modal Tahun 2017, di Kota Serang, Rabu (17/5).

SERANG,(Banten88.com): Iklim investasi di Banten terus menggeliat. Tren berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang diterima oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi

Realisasi investasi Provinsi Banten Triwulan I tahun 2017 mencapai Rp 12,44 triliun dengan 479 proyek. Target realisasi investasi di tahun 2017 meningkat dari Rp. 50 triliun di tahun 2016 menjadi Rp 61.9 triliun. Pertumbuhan nilai investasi Banten menempati urutan ketiga setelah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi Banten Wahyu Wardhana menjelaskan, capaian investasi tersebut merupakan indikator bahwa peluang dan potensi penanaman modal di Banten masih cukup tinggi. Keniakan target investasi tersebut membutuhkan kerja keras dan sinergitas semua pihak, mulai dari Dinas Penanaman Modal dan  PTSP Kabupaten/kota, dan stakeholder.

Keterbukaan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang dibuat oleh perusahaan sebagai bukti kegiatan penanaman modal sangat penting. LKPM dibutuhkan untuk memeriksa dan mengawasi kegiatan investasi di Banten. Selain didukung sektor industri manufaktur dan kimia, investasi property yang terfokus di wilayah Tangerang, yakni, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang juga berpotensi dapat mendongkrak investasi di Banten.

“Kita juga secara terus menerus menyampaikan informasi (promosi) tentang peluang dan potensi investasi daerah dengan menggunakan berbagai media kepada calon investor di dalam dan luar negeri,” kata Wahyu pada kegiatan Rapat Konsolidasi Pemantauan Realisasi Penanaman Modal Tahun 2017, di Kota Serang, Rabu (17/5).

Sementara itu, Direktur Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Wisnu Wijaya Soedibjo, selain aspek pelayanan dan sinergitas antarsintansi terkait, upaya yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten untuk mendongkrak kenaikan investasi di Banten salah satunya dilakukan dengan membuka kran investasi pada sektor yang memiliki pertumbuhan lebih cepat semisal sektor properti.

“Investasi properti memiliki dampak ekonomi lebih cepat. Tidak semua daerah mengandalkan investment manufaktur, wisata, dan sektor primer. Investasi properti menjadi pilihan strategis untuk meningkatkan investasi di Banten,” katanya.(Azm).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top