Indonesia English
Senin, 25 Juni 2018 |
Pendidikan

Rencanakan SMPIT, Yayasan Syifa Fikriya Luncurkan Program Wakafku Tabunganku

Sabtu, 17 Februari 2018 17:05:15 wib - Komentar
Kegiatan Open House di SDIT Syifa Fikriya, kecamatan Cikande, Sabtu (17/2/2018). (Foto : Iman)

Serang, (Banten88.com): Yayasan Pendidikan Islam Syifa Fikriya, kecamatan Cikande, Kabupaten Serang menggelar kegiatan Open House tahun pelajaran 2018/2019.

Dalam kegiatan open house yang dilaksanakan di halaman sekolah digelar 6 cabang lomba yakni menggambar, calistung, puisi, tari kreasi, qosidah dan mewarnai. Acara dimulai dari jam 07.30 Wib sampai 14.30 Wib.

Kegiatan ini bertajuk be creative, be braavo dan be a winner itu memakai tema Surga tujuanku, SDIT Syifa Fikriya sekolahku. Sedikitnya ada 800 orang hadir memeriahkan acara tersebut yakni dari peserta (TK dan PAUD) sekitar 370 orang, pengantar siswa 370 orang dan 9 tim qosidah yang berjumlah 90 orang serta tamu undangan lainnya. Hadir dalam acara itu, Kepala UPT Disdikbud Kecamatan Cikande, H. Nursain, MM.Pd, Pengawas SD Disdikbud Kecamatan Cikande, Sugino, MM.Pd, perwakilan dari Polsek Cikande, Direktur Yayasan Pendidikan Islam Syifa Fikriya, Sujimin, Pembina Yayasan Syifa Fikriya, Samsul Ma’arif, para pengurus yayasan Syifa Fikriya dan peserta lomba serta pengantar siswa.

Kepala SDIT Syifa Fikriya, Roudhoh, S.Pd. I menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba. Kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi antara Pengurus Yayasan Syifa Fikriya dengan warga sekitar yang ingin menyekolahkan anaknya disini.

“Dalam lomba ini para peserta yang berhasil menjadi juara 1, juara 2 dan juara 3 serta harapan 1 sampai 3 akan diberikan reward berupa piala dan bingkisan. Kegiatan ini ada peningkatan dibandingkan tahun lalu. Banyak peserta yang mendaftar akhir menjelang penutupan,”kata Roudhoh, S.Pd.I

Di tempat yang sama, Direktur Yayasan Pendidikan Islam Syifa Fikriya, Ustad Sujimin menambahkan, Kegiatan Open House ini menjadi ajang silaturahmi PAUD dan TK se Kecamatan Cikande. Melalui acara ini bisa mengenal dan melihat potensi-potensi yang ada di PAUD dan TK yang lain seperti pada lomba tersebut. Secara marketing acara open house sudah tidak berdampak karena kuotanya sudah terpenuhi. Mengingat yang dibutuhkan hanya butuh sekitar 66  anak. Sedangkan yang mendaftar saat ini sudah 78 anak yang artinya dari seleksi nanti sebanyak 12 anak tereliminasi.

“Dari 78 anak ini, kita akan seleksi menjadi 66 anak saja karena kuota kita disesuaikan dengan kapasitas ruangan yang ada juga dengan sistem yang dipakai saat ini kalau melebihi sudah tidak optimal,”kata Sujimin kepada Banten88.com, Sabtu (17/2/2018).

Dikatakan Sujimin, Program wakaf SMPIT yang sudah digulirkan sangat berat dan ini menjadikan tantangan kita agar semua optimis. Amanah dari rapat kerja, bulan Juli 2017 lalu, di Balaraja, diamanahkan dari pembina kepada pengurus. Yayasan diminta mendirikan SMPIT di tahun 2019. Formula yang dipakai yakni harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Saat ini, kita sudah selesaikan persiapan lahan sekitar 2000 meter2 dengan nilai sekitar Rp 600 juta atau sebanding dengan per meternya Rp 300 ribu. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan SDM dimana ketua bidang kita sudah mulai persiapan SMPIT dari sisi sumber daya manusia. Sedangkan yang masih menjadi tugas berat kita yaitu persiapan gedungnya. Makanya dari program wakafku tabunganku Syifa Fikria 2018 yang digulirkan waktu acara di kebun Kubil itu, kita membuat tiga tim yakni tim internal, eksternal dan regional. Saat ini di tim internal ada program baru lagi mengajak 20 ribu jamaah untuk ikut berpartisipasi dalam Wakafku tabunganku.

“Sekarang ini sudah masuk sekitar 209 pewakaf yang bergabung dengan total nilai sementara ini sebanyak Rp. 37.398.000,-. Ini dari para pewakaf yang bergabung dalam ProgramWakafku tabunganku, tahap kedua. Tahap pertama kan kita selesaikan Rp 600 juta dengan mendapatkan tanah 2000 meter2. Tahap berikutnya kita akan selesaikan tanah seluas 6000 meter dengan harga sekitar 1,8 Miliar. Makanya ada program wakafku tabunganku mengajak 20 ribu jamaah pewakaf. Kenapa hitungannya 20 ribu, kita ajak minimal wakafnya 90 ribu kali 20 ribu orang, Insya Alloh bakal selesai,”kata Sujimin.

Pihaknya optimis, target yayasan untuk wakaf ini diusahakan bisa sampai 2018 dan ini menjadi penyemangat kita. Memang betul, ini semua harus dipancing dahulu dengan mendirikan dua ruangan baru nanti mencari solusi mengajukan permohonan ruang kelas baru kepada pemerintah.

Ke depan, kata Sujimin, SMPIT  diharapkan bisa berdiri mengingat jumlah SMP di Kecamatan Cikande ini masih minim dibandingkan dengan kecamatan lain. Secara perbandingan dengan jumlah potensi putra putri yang masuk SMP di Cikande ini peluangnya masih banyak. SMP yang ada belum bisa mengcaver semuanya.

“Semoga masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam program ini Wakafku Tabunganku sehingga percepatan SMPIT ini bisa muncul,”harapnya. (Iman).  

 

KOMENTAR DISQUS :

Top