Indonesia English
Jumat, 25 Mei 2018 |
Hukum dan Kriminal

Ribuan Botol Miras Oplosan Dimusnahkan

Senin, 14 Mei 2018 15:56:13 wib - Komentar
Ribuan botol berisi minuman keras (miras) berbagai merk serta miras oplosan dimusnahkan di depan Kantor Bupati Serang, Minggu. (13/5/2018) sore

SERANG (Banten88.com):Ribuan botol berisi minuman keras (miras) berbagai merk serta miras oplosan dimusnahkan di depan Kantor Bupati Serang, Minggu. (13/5/2018) sore. Ribuan botol miras hasil operasi penyakit masyarakat (pekat) Polres Serang Kota ini dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat.

Hadir dalam pemusnahakan tersebut Wakil Wali Kota Serang Sulhi Choir, Ketua DPRD Kota Serang Namin, Ketua MUI Kota Serang Mahmudi, pejabat Pemkab Serang, Kasdim Kodim 0602 Serang, ulama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat (ormas) Islam dan ratusan santri.

Kapolres Serang AKBP Komarudin mengatakan pemusnahan ribuan botol miras tersebut digabungkan dengan agenda pawai tarhib bulan suci Ramadan. “Ini (pemusnahan) yang ketiga di wilayah hukum Polres Serang Kota. Yang pertama kami memusnahakn kurang lebih 8 ribu botol (miras),” ujar Kapolres.

Miras yang dimusnahkan tersebut tidak hanya dalam kemasana botol. Miras oplosan dalam kemasan plastik dan jerijen juga turut dimusnahkan. Selama operasi pekat Polres Serang Kota telah memusnahkan puluhan ribu botol miras beragam jenis. “Yang kedua terbesar (operasi pekat) sebanyak 23.952(botol miras) dan hari ini kami musnahkan 6.886 botol miras. Ini menandakan peredaran miras di wilayah hukum Kota Serang cukup masif artinya perlu mendapat perhatian masyarakat,” kata Kapolres.

Ke depan tutur Kapolres, pihaknya akan terus gencar melakukan pemberantasan miras. Oleh karena itu dia mengharapkan peran serta masyarakat dalam memberikan informasi keberadaan miras kepada petugas.  

“Petugas, TNI – Polri, Satpol PP selaku penegak Perda tidak bisa bekerja sendirian. Butuh masukan dan peran serta masyarakat untuk memberikan informasi. Masyarakat tidak boleh berdiam diri, informasikan kepada kami, kami akan melakukan tindakan,” tutur Kapolres.

Penindakan miras di wilayah hukum Polres Serang Kota Serang merupakan amanat dari Perda yang tertuang dalam Perda Nomor 10 tahun 2006 Kabupaten Serang dan Perda Nomor 2 Tahun 2010 Kota Serang.  

"Perda melarang peredaran miras di wilayah Kabupaten dan Kota Serang. Wilayah hukum Polres Serang Kota yang terdiri dari 6 Kecamatan Kota Serang 7 Kecamatan kabupaten Serang. Ini yang kami sisir,” kata Kapolres.

Wakil Wali Kota Serang Sulhi Choir mendukung pemusnahan miras yang dilakukan oleh Polres Serang Kota. Menurut dia keberadaan miras merupakangangguan kambtibmas. “Menghadapi bulan suci Ramadhan harus kitamusnahkan miras.  Bulan Ramadan harus disucikan dari segala macam kemaksiatan termasuk juga miras ini,” kata Sulhi.

Ia menuturkan Pemkot telah bersinergi dengan Polres Serang, Kodim 0602 Serang, ulama dan tokoh masyarakat dalam memberantas miras di Kota Serang. “Sudah sekian kali kita musnahkan miras dengan Kapolres, dengan Kodim dengan tokoh masyarakat. Alhahmdulillah masyarakat juga turut mengawasi (peredaran miras),” tutur Sulhi. (Okan).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top