Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Seputar Banten

Ribuan Warga Unjuk Rasa Tolak Pembangunan Ternak Ayam

Minggu, 02 April 2017 19:00:16 wib - Komentar
Ribuan warga Desa Kamuning, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang, mengusir aktivitas alat berat (eksavator) milik pengusaha pengembang ternak ayam, Minggu (2/4/2017). (Foto: TitikNOL)

SERANG, (Banten88.com): Dianggap  bakal mencemari lingkungan sekitar peternakan ayam Ribuan warga Desa Kamuning, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang, Banten melakukan unjuk rasa menolak pembangunan dan  mengusir aktivitas alat berat (eksavator) milik pengusaha pengembang ternak ayam, Minggu (2/4/2017).

Selain mengusir pekerja alat berat, warga pun menghentikan paksa aktivitas yang  menggunakan alat berat dan menggiringnya ke kantor Kecamatan Tunjungteja, yang berjarak dua kilometer dari lokasi pengusiran.

Aksi warga tersebut dipicu oleh kekesalan kepada pihak perusahaan, yang dianggap tidak merespon penolakan pembangunan kandang ternak ayam yang disampaikan warga beberapa bulan lalu.

Sambil melakukan longmarch  dan berorasi  ribuan warga juga melakukan penggiringan  alat berat (eksavator) ke kantor kecamatan Tunjungteja.  "Usir jangan beri kesempatan mereka (pengembang) itu menghancurkan lingkungan kita," teriak Ian Ansori korlap aksi.

Sementara itu, berdasarkan informasi, pengembang ternak ayam baru akan membangun kandang ayam di lahan seluas 2,3 hektar di Kampung Pasir Kepuh, Desa Kemuning, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang.

Namun sekitar enam bulan lalu, warga desa Kemuning sudah menyampaikan keberatan dan penolakan atas rencana pembangunan kandang ternak ayam di wilayah setempat, dengan cara membuat pernyataan bersama oleh warga yang ditandatangani sekitar 2000 warga desa setempat.

Akan tetapi, belakangan ini malah pengembang kembali membebaskan lahan produktif sekitar 30 hektare, serta meneruskan pembangunan kandang ternak ayam.(Okan).

KOMENTAR DISQUS :

Top