Indonesia English
Senin, 20 Mei 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

RIVO ARLIANTO : KOPI ARABIKA TURUNKAN KADAR GULA DARAH

Minggu, 30 Desember 2018 09:25:35 wib - Komentar
Rivo Arlianto.

TANGERANG (Banten88.com) :KOPI dan ngopi sudah menjadi bagian gaya hidup kalangan generasi milenial karena bisa menjadi lahan bisnis yang prospektif. Mereka dengan bekal pendidikan yang baik dan memadai, berani terjun ke bisnis kopi yang tidak ada korelasinya dengan disiplin ilmu yang digeluti.

Salah satunya adalah Rivo Arlianto, ia berpendidikan teknik penerbangan, namun merasa menemukan dunianya di bisnis kopi. Menurutnya 4 tahun terakhir ini trend penikmat kopi asli seperti Robusta dan Arabika (bukan kopi sachet) mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Masih ungkap Rivo kepada Banten88.com Jumat (28/12/2018) di gerainya dikawasan PLP Curug, Kabupaten Tangerang.

Ia mengatakan " Lokasi kami ini berada didalam komplek dan masuknya pun tidak mudah karena bukan berlokasi dipinggir jalan raya, namun bagi penikmat kopi asli lokasi tidak jadi halangan. Mereka tetap datang, berkumpul, bersendagurau sambil menikmati secangkir kopi asli dengan aroma yang mengundang selera, " tambah Rivo Arlianto dengan semangat.

Menjawab pertanyaan Banten88.com, bagaimana menghitung untung rugi bisnis kopi ini ?. Rivo menjelaskan, cara menghitungnya bukan untung rugi, tapi adalah mencari peluang - peluang yang lebih besar yang tercipta diatas meja digerai kopi ini.

Diakuinya memperkenalkan kopi ke masyarakat awam agak susah karena mereka terbiasa dengan sajian kopi sachet yang ada penguat rasa dan bisa bikin ketagihan dan komposisi riilnya kita tidak tahu, papar Rivo lagi. Namun bagi penikmat kopi asli tidak mungkin tergantikan dengan kopi  sachet karena mereka sudah paham khasiat, nikmat dan enaknya kopi asli yang masih fresh digiling langsung dengan metode tertentu dan bisa disaksikan proses pembuatannya pula oleh para penikmat.

Semua natural dan tidak ada bahan pengawet. Faktanya, masih urai Rivo Arlianto, 50 % penikmat kopi asli sudah merasakan khasiatnya antara lain minum jenis kopi Arabika membuat kadar gula darah dalam tubuh turun, kolesterol juga turun asal diminum tidak pakai gula dampaknya memang asam lambung naik, namun itu bisa diatasi dengan mengisi perut terlebih dahulu sebelum minum kopi. " Analoginya kan sama dengan minum obat. Meski obat itu bagus, namun perut harus diisi terlebih dahulu sebelum  obat, diminum" terang Rivo.

Menurutnya jenis kopi Arabica itu aromanya kuat, varian rasanya unik. Buat penikmat kopi yang lidahnya sudah beradabtasi, ia bisa merasakan ada aroma buah dalam kopi tsb. Ada rasa anggur, strawberry, blueberry dan lain - lainnya. Sedangkan jenis Robusta, mesti tidak selamanya, bentuk bijinya lebih besar dan rasanya lebih pahit karena cafeinnya lebih tinggi. Rivo dkk telah membenamkan anggaran sekitar Rp.75 juta untuk peralatan penggilingan kopi, aksesoris dan kelengkapan lainnya diluar ruangan. Belum lama ini ia membeli gramophone alat pemutar piringan hitam (PH) seharga Rp.4 juta. Sehingga gerainya terkesan bernuansa klasik meski sebenarnya ruangan aslinya adalah garasi. Karena pintar mendesain sehingga menjadi arena bertemunya para pebisnis sekaligus penikmat kopi asli dengan suasana tenang dan nyaman.(SS).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top