Indonesia English
Rabu, 14 April 2021 |
Pendidikan

RUKMANA KEPSEK SDN 1 SUKAMULYA : PENTING BERI MOTIVASI KE GURU AGAR HASIL BELAJAR SYSTEM ONLINE MAKSIMAL

Rabu, 10 Februari 2021 19:16:58 wib - Komentar
Rukmana, S.Pd, MM,

Kuningan (Banten88.com) :KEPALA SEKOLAH penting memberi motivasi kepada para guru agar hasil belajar system online bisa maksimal", demikian diungkapkan Rukmana, S.Pd, MM, Kepala SDN 1 Sukamulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan kepada media cyber Banten88.com
Lebih lanjut Rukmana mengatakan, meski menggunakan cara belajar online, kepala sekolah dan guru harus terus memantau agar anak didik punya rasa tanggung jawab.

Disamping itu, masih papar Rukmana, guru secara intensif penting mendatangi siswa kerumah guna melihat langsung kemajuan yang dicapai siswa. Disamping itu, tugas-tugas harus terus diberikan misal via W.A atau media sosial lainnya, agar materi pelajaran yang diberikan kepada siswa dapat dicerna dengan maksimal.

Demikian pula, tugas-tugas yang telah diberikan para guru, harus diserahkan ke sekolah untuk dievaluasi.
Jika masih ada siswa yang belum paham, maka guru harus mengulang kembali.

Selanjutnya siswa akan mendapat soal-soal baru yang harus dikerjakan dirumah. Dengan demikian, masih ujar Rukmana, seluruh kegiatan belajar dan pencapaian kemajuan siswa akan terus terpantau oleh para pendidik.

System online, tutur Rukmana lagi, jangan malah membuat siswa maupun pendidik terlena atau berleha-leha. Para kepala sekolah dan guru tetap harus memiliki komitmen terhadap tugas mendidik.
Rukmana juga mengutarakan, kami para pendidik disini juga terus mencari cara-cara yang efisien dan efektif dalam pola belajar, misal disini kami para pendidik membuat video dengan conten pembelajaran dan langsung kami share keseluruh anak didik untuk dicerna dan dipahami. Ini semua bisa berjalan lancar karena jalinan kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan para guru yang menjunjung tinggi komitmen untuk mencerdaskan anak didik, terang Rukmana lagi.
KENDALA
Namun, urai Rukmana lebih lanjut, belajar system online bukan berarti tanpa kendala. Sebab tidak semua anak didik paham IT. Disamping itu jika hand phone dibawa orang tua ke kantor atau urusan lain dan hand phone itu baru ada dirumah sore atau malam hari tentu jadi kendala tersendiri bagi anak didik, karena tugas-tugas yang diberikan guru dimulai sejak siang.

Namun itu semua adalah tantangan yang harus kita hadapi dan kita tidak boleh menyerah.
Yang utama adalah anak didik harus terus belajar jangan sampai tertinggal pelajaran dan kepala sekolah maupun para guru komitmennya jangan kendor untuk mencerdaskan siswa meski situasinya memang tidak mudah. Demikian Rukmana, S.Pd, MM, Kepala Sekolah SDN 1 Sukamulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jabar. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top