Indonesia English
Senin, 17 Desember 2018 |
Seputar Banten

Safari Ramadan ke Pandeglang, Wagub Banten Bagikan Bantuan Tunai kepada 682 Pesantren

Kamis, 31 Mei 2018 20:01:55 wib - Komentar
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dalam acara Safari Ramadhan Pemprov Banten ke Kabupaten Pandeglang di Pondok Pesantren Al Mizan Putri di Desa Cikole, Kecamatan Maja, Kamis (31/5).

PANDEGLANG,(Banten88.com): Sebanyak 682 pondok pesantren di Kabupaten Pandeglang mendapatkan bantuan tunai masing-masing senilai Rp20 juta rupiah dari Pemprov Banten pada tahun 2018 ini. Bantuan tersebut secara simbolis dibagikan langsung oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dalam acara Safari Ramadhan Pemprov Banten ke Kabupaten Pandeglang di Pondok Pesantren Al Mizan Putri di Desa Cikole, Kecamatan Maja, Kamis (31/5).

Dalam sambutannya, Andika mewanti-wanti agar bantuan tersebut tidak dipotong agar nilainya sampai kepada pesantren penerima sesuai dengan yang telah dianggarkan Pemprov Banten. “Kalau ada yang memotong, laporkan langsung ke saya,” kata Andika di hadapan jamaah para pemimpin pesanten se-Kabupaten Pandeglang yang memadati Mesjid Pesantren Al Mizan pada waktu menjelang berbuka puasa tersebut.

Andika juga berjanji akan meningkatkan nilai bantuan pada tahun berikutnya, mengingat nilai bantuan saat ini disadari Andika masih sangat jauh dari ideal. Menurut Andika, Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim dan dirinya sebagai wakil gubernur, telah berkomitmen untuk memajukan pesantren. “Pak Gubernur dan saya sangat menyadari jika pesantren adalah pondasi dari pembangunan yang kita lakukan, pondasinya adalah manusianya yang disiapkan dan digodok oleh pesantren,” kata Andika.

Lebih jauh, Andika meminta dukungan kalangan pesantren khususnya dan warga Pandeglang umumnya untuk mendukung upaya pembangunan yang tengah dilakukan Pemprov Banten saat ini. Andika menyebut saat ini Pemprov Banten tengah fokus melakukan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan untuk mengatasi kesenjangan ekonomi yang selama ini terjadi anatar wilayah selatan dan utara Banten. Berikutnya, kata Andika, dia dan Gubernur Banten juga tengah fokus melakukan pembangunan berupa memperbaiki dan meningkatkan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

“Di bidang pendidikan, sesuai dengan kewenangan kami, saat ini kami tengah mengupayakan agar sekolah gratis di tingkat SMA/SMK. Di bidang kesehatan, kami terus berupaya agar warga miskin Banten yang jumlahnya sekitar 2 juta orang dan tidak ter-cover BPJS itu agar bisa berobat gratis,” paparnya.

Untuk diketahui,  total sebanyak 3.264 pondok pesantren di Banten mendapatkan bantuan tunai masing-masing Rp20 juta dari APBD Banten 2018. Bantuan tersebut dimaksudkan agar pembangunan di Provinsi Banten dapat dilakukan secara menyeluruh atau tidak hanya pembangunan fisik semata. Membantu pesantren dilakukan dengan tujuan agar upaya pesantren dalam mencetak manusia-manusia unggul sebagai pelaku pembangunan dapat menjadi lebih ringan atau terbantu.

Bantuan tunai kepada pesantren ini dikoordinir oleh Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten dalam setiap kegiatan Safari Ramadhan Pemprov Banten tahun ini. Sebelum ke Kabupaten Pandeglang, tim Safari Ramadhan Pemprov Banten tahun ini sudah melakukan kunjungan ke Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kota Cilegon. (ERN)

KOMENTAR DISQUS :

Top