Indonesia English
Selasa, 04 Oktober 2022 |
Pendidikan

Saka Bhayangkara Polres Serang, Adakan Pelantikan dan Pengukuhan Anggota

Jumat, 28 September 2018 08:00:15 wib - Komentar
Saka Bhayangkara Polres Serang adakan pelantikan dan pengukuhan anggota

Serang,(Banten88.com): Saka Bhayangkara Polres Serang mengadakan pelatihan dan pengukuhan anggota baru, periode 2018-2019. Kegiatan berlangsung dari tanggal 27 sampai 30 September 2018.

Sebelum pelantikan dilaksanakan, seluruh peserta telah mendapatkan pembinaan dan pelatihan selama 7 bulan di Polres Serang. Pramuka Saka Bhayangkara dilatih dan dibina oleh Kepolisian khususnya yang saat ini adalah Polres Serang.  Dan Kapolres Serang selaku Mabi Saka Bhayangkara, AKBP INDRA GUNAWAN,  S.I.K., M. H. sangat mendukung dan mengapresiasi adanya Saka Bhayangkara. Demikian kata Pamong Saka Bhayangkara Polres Serang, Brigadir Polisi, Ricko Apriansyah kepada wartawan, di lokasi kegiatan halaman kantor Desa Situterate, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Kamis (27/9/2018).

Dalam pembinaan, Saka Bhayangkara di pimpin langsung oleh Kasat Binmas selaku Pimpinan Saka Bhayangkara Polres Serang, AKP Yulianto dan sebagai pengasuh di sebut Pamong Saka yakni BRIGPOL RICKO APRIANSYAH dimana pembinaan Saka Bhayangkara meliputi Keterampilan dasar lalu lintas. Keterampilan dasar pencegahan dan penanggulangan bencana, Keterampilan dasar ketertiban masyarakat dan Keterampilan dasar olah tempat kejadian perkara (TKP).

Ricko menjelaskan Pramuka Saka Bhayangkara dibina dan dilatih untuk menjadi pemuda pemudi yang memiliki karakter disiplin,  mandiri,  kreatif,  mental kuat,  waspada,  serta bijaksana.  “Karena Saka Bhayangkara pun selalu di ikut sertakan dalam tugas kepolisian di lapangan sebagai Kader Remaja Indonesia,”jelasnya.

Para peserta hari ini, Kamis (27/9), kata Ricko, melakukan kegiatan persiapan seperti mendirikan tenda, mempelajari tata tertib Saka Bhayangkara dan pembinaan kerohanian dan mental (Birohtal) melalui pengajian dan zikir bersama. Dan Jum’at (28/9/2018) dilaksanakan acara pembukaan. Selain itu, seluruh peserta mendapatkan tambahan wawasan dan ilmu dari beberapa pemateri yakni dari BPBD Kabupaten Serang, Ahmad Rifa’i tentang penanganan dan penanggulangan bencana alam, dari Saka Binmas Polres Serang, Ipda Asep Sudrajat tentang ketertiban masyarakat, dari pendidikan dan rekayasa lalu lintas Polres Serang, Ipda Sunarta tentang lalu lintas dan dari identifikasi Reskrim Polres Serang, Adi tentang Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kegiatan ini juga didukung oleh BNN Provinsi Banten, BPBD Kabupaten Serang, Kwarda Banten, Kwarcab Kabupaten Serang, Damkar Kabupaten Serang, komunitas alam UIN, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Serang, Kemenpora dan Kepolisian Daerah Banten.

Sementara itu, salah satu peserta, Rezayansyah dari SMK Bina Insan mengaku dengan senang hati dan semangat akan mengikuti seluruh ranngkaian kegiatan dari awal sampai akhir. Dan berharap kegiatan dapat berjalan dengan lancar tidak ada halangan apapun, sampai dengan upacara penutupan.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memotivasi Anggota Saka Bhayangkara, untuk lebih rajin belajar dan bersamangat serta bekerja keras guna meraih cita-cita,”harapnya. (Iman).

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top