Indonesia English
Jumat, 14 Desember 2018 |
Advetorial

SDIT AL ISTIQOMAH KUNINGAN GELORAKAN SENI SUNDA PUPUH. INTAN, TYO REGAN & RIZIEQ JUARA.

Minggu, 17 Desember 2017 15:45:10 wib - Komentar
Tyo Regan Pangestu (tengah) siswa kelas 4 B SDIT Al Istiqomah Kuningan, Jabar juara 2 seni sunda Pupuh bersama kakaknya Nadia dan Kania.

Kuningan (Banten88.com). Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Istiqomah Kuningan Jawa Barat dalam mengisi kegiatan pasca UAS, antara lain diisi dengan  festival seni Sunda Pupuh. Demikian diungkapkan Liya Fitriani, S.Pd, Wali Kelas IV B pada media cyber www.banten88.com Minggu (17/12/2017).

Lebih lanjut fitri menambahkan, lomba Pupuh diselenggarakan  dalam rangka persiapan untuk  tingkat kecamatan yang akan digelar tahun 2018, tuturnya. 18 peserta siswa/siswi kelas 3 hingga kelas 6 menyenandungkan pupuh Wirangrong.

Esensi dari pupuh ini, masih papar Liya Pitriani,  memberi semangat kepada Generasi muda untuk belajar dengan giat demi kemajuan bangsa.

Festival ini telah menghantarkan dara ayu Intan siswi kelas 4 A sebagai juara 1. Posisi ke 2 diraih siswa yang wajahnya sedap dipandang (ganteng) Tyo Regan Pangestu kelas 4 B. Sedangkan juara ke 3 budak kasep Rizieq kelas 5 B.

JIKA BERBAKAT AKAN LEBIH MUDAH DIBINA.

Terkait dengan masalah pembinaan siswa, Liya Pitriani wali kelas yang berhasil menghantarkan Tyo Regan meraih prestasi juara 2 dalam seni Sunda Pupuh mengemukakan " Tyo dari awal sudah memiliki bakat dalam bidang seni suara.

Cengkok suara sundanya sudah terlihat, dengan demikian hal ini akan lebih memudahkan dalam pembinaan. Misalnya mudah melatihnya dan Tyo menghafal lagu sesuai dengan nada aslinya. Untuk mencapai hasil yang maksinal, terus dilakukan pengulangan dan perbaikan.

Jika seorang anak sudah memiliki bakat, yang diperlukan hanyalah pengulangan dan pembiasaan, papar Liya Pitriani dengan sistematis.

Namun, tambahnya lagi, keberhasilan ini juga berkat bantuan orang tua Tyo yang terus memberikan motivasi dan pengarahan sehingga pada akhirnya Tyo Regan Pangestu menjadi juara 2. Demikian Liya Pitriani, S.Pd, Wali Kelas IV B SDIT Al Istiqomah Kuningan Jawa Barat.

Selanjutnya media cyber www.banten88.com  memperoleh definisi Pupuh  dari salah seorang pendidik mata pelajaran Bahasa Sunda, H. Kusmayadi, S.Pd, MM dari SMPN 2 Jalaksana Kuningan, bahwa Pupuh adalah bentuk seni Tradisional Sunda yang memiliki jumlah suku kata dan irama tertentu disetiap barisnya.

Terdapat 17 jenis Pupuh yang masing - masing memiliki karakter sendiri dan digunakan untuk tema cerita yang berbeda. Satu diantara 17 Pupuh itu adalah Pupuh Wirangrong yang dibawakan siswa Tyo Regan Pangestu dalam lomba Membangun Pupuh di SDIT Al Istiqomah. Demikian Kusmayadi. Seperti diketahui SDIT Al Istiqomah merupakan sekolah dasar unggulan dan sekolah favourite serta cukup disegani di Kabupaten Kuningan Jabar. Sekolah ini memadukan kurikulum pendidikan umum dan kurikulum pendidikan keislaman.( SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top