Indonesia English
Rabu, 08 Februari 2023 |
Pendidikan

SDN Cikande 1 Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional, Tahun 2019

Selasa, 17 Desember 2019 09:54:03 wib - Komentar
SDN Cikande 1 menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2019 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Serang (Banten88.com): Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan tahun 2019 memberikan penghargaan kepada 434 sekolah se-Indonesia. Salah satu dari ratusan sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2019 itu adalah SDN Cikande 1. Selain membawa nama baik sekolah, juga mengharumkan Kabupaten Serang, provinsi Banten. Penghargaan diserahkan pada Jum’at (13/12/2019) oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc yang diterima oleh Kepala Sekolah SDN Cikande 1, Hj. Siti Laela, M.Pd di auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Manggala Wanabakti, jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

SDN Cikande 1 penerima penghargaan Adiwiyata Nasional, tahun 2019 ini adalah salah satu Sekolah Dasar Negeri yang ada di wilayah kecamatan Cikande, terletak di jalan Raya Serang-Jakarta KM 27 Cikande, Serang-Banten.

Kepala Sekolah SDN Cikande 1, Hj. Siti Laela, M.Pd mengaku senang, bangga dan bahagia berkat do’a semua pihak dan bimbingan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, sekolahnya bisa mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2019 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Raihan prestasi ini diharapkan dapat memicu dan mendorong sekolah dasar lainnya untuk meningkatkan prestasi.

“Satu-satunya batasan meraih mimpi kita adalah keragu-raguan kita akan hari ini. Marilah kita maju dengan penuh semangat dan keyakinan kuat. Alhamdulilah SDN Cikande 1 menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hiduo dan Kehutanan sebagai Sekolah Adiwiyata nasional tahun 2019,”kata Hj. Siti Laela, M.Pd kepada wartawan di sekolah, pada Selasa (16/12/2019).

Hj. Siti Laela berharap melalui program Adiwiyata Nasional dapat mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dindikbud Kabupaten Serang, Aber Nurhadi menyampaikan SDN Cikande 1 dinilai memenuhi kriteria untuk menerima penghargaan Adiwiyata Nasional, merupakan program yang konsen dalam menciptakan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah. Program tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Aber Nurhadi menambahkan, penghargaan ini diberikan setelah dilakukan proses penilaian calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN), Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) selesai dilaksanakan. Berdasarkan proses penilaian, ditetapkan sejumlah 333 sekolah Adiwiyata Nasional dan 101 Sekolah Adiwiyata Mandiri yang berhak mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Salah satunya adalah SDN Cikande 1 dari Kabupaten Serang. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top