Indonesia English
Sabtu, 13 Juli 2024 |
Pendidikan

SDN Maja, Kecamatan Cikande Implementasikan K-13 di Kelas

Rabu, 29 Agustus 2018 19:35:27 wib - Komentar
Salah satu guru SDN Maja tengah melakukan pembelajaran tematik.

Serang,(Banten88.com): Perkembangan dunia pendidikan  terus mengalami perubahan seiring dengan tantangan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing di era global. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, salah satunya dengan melakukan penyempurnaan kurikulum yakni penerapan kurikulum 2013. Seperti halnya yang tengah dilaksanakan para pendidik di SDN Maja, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, dalam pembelajaran di kelas.

Guru kelas IV SDN Maja, Edi Muhtadi, S.Pd mengatakan kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung di kelas IV, tema 2, sub tema 2, pembelajaran 2 tentang hemat energi. Seluruh peserta didik kelas IV dibagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok mendapat tugas membahas tentang kegunaan kertas dan cara menghemat kertas. Diskusi ini bertujuan agar peserta didik mengetahui kegunaan dan cara menghemat kertas yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 “Anak-anak berkelompok mendiskusikan tentang manfaat kertas yang ada di lingkungan sekitar. Selanjutnya setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Waktu yang digunakan 4 jam pelajaran. Anak antusias sekali bahkan saat presentasi ingin mendapat kesempatan pertama,”kata Edi di sekolah, Rabu (29/8/2018).

Salah satu guru kelas V, Elis mengatakan, sistem pernafasan pada manusia adalah cara menghirup oksigen dan udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Dalam proses pernafasan oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Pembelajaran di kelas V, kali ini membahas tentang sistem pernafasan manusia. Seluruh peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok. Untuk lebih mudah mengingatnya, maka masing-masing kelompok diberi nama sesuai dengan alat pernafasan manusia.

Sementara itu, Kepala SDN Maja, Suharja, S.Pd menyampaikan, Kepala sekolah memiliki penting dalam implementasi Kurikulum 2013. Perannya yaitu memberikan dukungan dan motivasi, memonitoring dan menyampaikan ilmu yang diperoleh ketika mengikuti sosialisasi kepada guru-guru. Selain itu melakukan supervisi kelompok, yaitu dengan kepala sekolah mengadakan rapat untuk membahas kesulitan guru dalam proses pembelajaran baik untuk implementasi Kurikulum 2013 maupun KTSP. (IMAN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top