Indonesia English
Kamis, 18 Oktober 2018 |
Kesehatan

Sehatkan Ginjal Anda dengan Lima Makanan Ini

Senin, 12 Februari 2018 08:14:13 wib - Komentar
Ilustrasi ginjal, (Photo : U-Report).

(Banten88.com): Ada ungkapan yang menyatakan bahwa apa yang Anda makan akan mencerminkan kesehatan Anda. Dan sama seperti organ lainnya, ginjal juga membutuhkan makanan tertentu agar tetap sehat.

Memiliki ginjal yang sehat sama pentingnya dengan memiliki hati yang sehat. Karena fungsi utamanya adalah menyaring limbah dan kelebihan air serta mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Ginjal juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan lainnya di tubuh Anda.

Jika ginjal bermasalah, bisa menyebabkan pembengkakan di sekitar mata, sulit buang air kecil, dan pembengkakan pada tangan dan kaki. Untuk itu, menjalani gaya hidup sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan organ yang satu ini.

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu organ tubuh berfungsi dengan baik, termasuk ginjal, hati, dan jantung Anda. Ya, ada makanan super tertentu yang kaya akan antioksidan dan penuh dengan nutrisi. Jadi, jika ingin ginjal Anda sehat, konsumsi makanan-makanan berikut ini.

1. Kubis

Kubis paling banyak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan memberikan nutrisi pada ginjal. Sayuran ini mampu memperbaiki fungsi ginjal berkat fitokimia yang terkandung di dalamnya. Sayuran ini juga tinggi vitamin B6, C, dan K, serta serat dan asam folat.

2. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi peradangan pada tubuh dan melindungi ginjal. Penderita penyakit ginjal diharuskan mengonsumsi ikan salmon, mackerel, herring, dan tuna. Pengolahannya, bisa dikukus atau panggang untuk mengurangi masalah ginjal.

3. Berries

Berries merupakan sumber magnesium, vitamin C, serat dan folat yang sangat baik. Kelompok buah berries, seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry dianggap baik untuk ginjal Anda. Berries mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi kandung kemih.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan dan anti pembekuan yang secara efektif dapat mengurangi risiko penyakit ginjal. Bawang putih mampu melindungi ginjal dari efek berbahaya logam berat.

5. Putih telur

Penderita ginjal disarankan untuk mengonsumsi putih telur. Putih telur rendah fosfor dan kaya akan protein. Putih telur juga mengandung asam amino esensial yang diperlukan agar ginjal berfungsi dengan baik. Tapi ingat, orang yang memiliki masalah ginjal harus menghindari kuning telur. (Sumber : teruniknews.blogspot.co.id)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top