Indonesia English
Selasa, 27 Oktober 2020 |
Pendidikan

SEKOLAH FAVOURITE MAN 1 KUNINGAN LENGKAPI FASILITAS BARU TAMAN INDAH TIRTA PANGABISA

Rabu, 02 September 2020 20:02:44 wib - Komentar
TAMAN Markisa yang terlihat asri dan indah adalah bagian dari Taman Tirta Pangabisa milik sekolah favourite MAN 1 Kuningan, Jabar.

Kuningan (Banten88.com) : MADRASAH Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuningan, Jawa Barat adalah Madrasah paling senior di Kabupaten Kuningan. Sekolah yang beralamat di Kelurahan Cigugur,  saat ini dipimpin H. Winarto, S.Pd, M.Pd.

Dibawah kepemimpinan Winarto, sekolah favourite ini terus berbenah. Tidak saja bidang akademik dan non akademik, namun soal keindahan tata letak ruang tak lepas dari perhatian Winarto.
MAN Kuningan adalah pemilik nilai 94 Peringkat A (Amat Baik) berdasarkan SK Kepala Badan Penelitian Pengembangan Kememendikbud RI Nomor 3574/G4/KL/2009 tanggal 22 Juni 2016.

Saat ini jika kita memasuki MAN 1 Kuningan yang sudah asri, akan bertambah indah karena hadirnya taman baru yang mengelilingi sekolah sehingga membuat panorama semakin menawan.
Contohnya taman buah Markisa didepan ruang Tata Usaha yang didesain sangat indah, sejuk dengan tampilan cat warna - warni dipadu dengan buah Markisa yang tumbuh bergelantungan, sungguh menjadikan suasana sejuk, indah, menarik dan menawan.

Taman Markisa hanya sebagian dari panjangnya taman yang mengitari seluruh bangunan gedung MAN 1 Kuningan yang berdiri diatas tanah seluas 10.871 M2.
Seperti penjelasan perencana pembangunan taman yang juga Kepala Urusan Tata Usaha, Sidik Sundaya, S.Pd.I kepada media cyber Banten88.com, tujuan dibangunnya taman dilingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kuningan ini adalah untuk keindahan sekolah serta bermanfaat untuk refreshing anak didik.

Taman ini diberi nama " Tirta Pangabisa ". Tirta masih urai Sidik artinya Air dan Pangabisa diambil dari bahasa Sunda yang artinya Ilmu Pengetahuan.
Taman ini dibangun sekitar bulan April.
Taman ini, masih papar Sidik, dibangun mengelilingi sekolah dengan prinsip tak ada tanah sejengkal yang kosong.
Isi dari Taman Tirta Pangabisa meliputi : Taman Bunga dengan aneka satwa burung seperti Love Bird, Jalak Suren, Parkit, Kenari dan masih banyak lagi.
Taman juga dilengkapi kolam theraphy untuk kesehatan dan arena refreshing anak didik setelah belajar. Kolam theraphy ini diisi ikan Nilem jenis mangut. Demikian Sidik Sundaya.

BIKIN SISWA KAGUM
Karena Pandemi Corona sehingga seluruh siswa MAN 1 belajar daring di rumah dan tidak tatap muka. Beberapa dari mereka yang harus kesekolah karena ada keperluan, mendadak sontak kaget. Sekolah kebanggaannya tampilannya semakin mempesona setelah hadirnya Taman Tirta Pangabisa yang tidak saja indah dari sisi seni namun kehadirannya bermanfaat bagi kesehatan badan dan pelestarian lingkungan.

RELIGIUS DAN BERPRESTASI
Dibawah kepemimpinan Winarto, MAN 1 Kuningan memiliki kredo atau tagline Religius, Berprestasi, Terampil dan Mandiri dengan tujuan :
1. Terciptanya lingkungan dan kultur pendidikan Madrasah yang Islami.
2. Tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap dan kondusif untuk penyelenggaraan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan atau PAIKEM dan menjadi Madrasah yang berprestasi.
3. Terciptanya agar pendidik dan kependidikan yang profesional.
4. Terlaksananya pendidikan dan ketrampilan yang mencetak lulusan yang terampil dan mandiri. (Seno Supono).

KOMENTAR DISQUS :

Top