Indonesia English
Selasa, 20 Oktober 2020 |
Pendidikan

SEKOLAH FAVOURITE MAN 1 KUNINGAN TERUS BERBENAH BIDANG AKADEMIK DAN PHISIK SEKOLAH

Minggu, 11 Oktober 2020 19:18:16 wib - Komentar
PARA siswi MAN 1 Kuningan berpose untuk selvi ditaman Linuhung yang elok dan asri.

Kuningan (Banten88.com) : MASYARAKAT telah memberi gelar kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuningan sebagai sekolah favourite.
Dibawah kepemimpinan H.Winarto, S.Pd, M.Pd sejak 2 Agustus 2020, sekolah ini memiliki kredo bahwa dengan belajar bersama, bekerja bersama, sepatutnya seluruh warga MAN 1 Kuningan bersinergi untuk menciptakan madrasah yang Religius, Berprestasi, Terampil dan Mandiri.

Winarto dikenal kuat dalam Leadership. Ini terlihat bahwa warga MAN 1 sejak Kaur T.U, guru, warga madrasah dan Pimpinan Sekolah telah satu misi dan bersinergi untuk menciptakan Madrasah yang Hebat dan Bermartabat.

Sekolah ini membuka 3 jurusan yakni IPA, IPS dan Keagamaan.
MAN 1 Kuningan adalah sekolah milik Kementerian Agama Republik Indonesia.
Terkait dengan masalah bidang akademik, sumber Banten88.com di MAN 1 Kuningan menuturkan, terkait mutu dan kualitas pendidikan di sekolah, itu merupakan tanggung jawab antara kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya yang berada di lingkungan sekolah.
Salah satu pembenahan bidang pendidikan adalah telah dibentuknya Kelompok Belajar berbagai mata pelajaran.

Terkait dengan metode pembelajaran yang disenangi siswa, pihak sekolah telah menseting suasana lingkungan belajar yang menginspirasi proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan, memenuhi sarana dan prasarana sumber belajar.

Lalu bagaimana terkait peningkatan kualitas tenaga pengajar? Tanya Banten88.com.
Sumber di MAN 1 Kuningan menuturkan, pimpinan sekolah selalu memberi motivasi kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus bekerja dengan ikhlas, berkarya dan berinovasi tentunya dengan pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap agar tenaga pendidik khususnya mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Lalu bagaimana peningkatan dibidang phisik sekolah?. Tanya Banten88.com lagi.
Sumber itu mengatakan, ada beberapa ruang kelas yang harus direnovasi serta ada rencana pembangunan asrama untuk Santri. Tapi semua itu masih menunggu bantuan yang digelontorkan oleh Kemenag.
Adapun pembangunan phisik yang akan ditingkatkan meliputi pemenuhan lokal kelas dan asrama serta tempat praktek dan sarana ketrampilan.
DAARUL ' ILMI
Menyikapi tantangan dunia modern saat ini, dimana urgensi penanaman pendidikan agama begitu sangat menadasar, MAN 1 Kuningan menyediakan Boarding School atau asrama  bagi siswa siswi yang ingin mendalami Agama Islam.

Program yang disediakan meliputi : Tahfidz Qur'an, Tahfidzul Hadits, Kajian Kitab Kuning, Sima'an Al-Qur'an, Safari Dakwah, Intensif bahasa asing yakni Arab dan Inggris, Charakter Building, Rihlah Ilmiah dll.
Adapun Kitab yang dikaji yakni Tahfidz Qur'an, Kajian Kitab Kuning dan intensif bahasa asing Arab dan Inggris.

TAMAN LINUHUNG
MAN 1 Kuningan terus bersolek dan membenahi diri agar terlihat dan terasa asri dan rindang.
Salah satunya adalah keberadaan Taman Linuhung.
Menurut Kaur T.U, Sidik Sundaya, S.PdI, linuhung adalah Bahasa Sunda yang artinya orang yang serba bisa.

Para siswa dan siswi bisa memanfaatkan taman Linuhung untuk tempat istirahat siswa dengan duduk santai saat jam istirahat tiba. Juga bisa dimanfaatkan untuk Selvi bersama karena penampilan taman Linuhung cukup elok.
Didalam taman tersebut terdapat tulisan berbahasa Sunda Suprih Pangarti. Menurut Sidik artinya : Tuntutlah Ilmu. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top