Indonesia English
Senin, 25 Juni 2018 |
Kesehatan

Sering Sakit Kepala Tampa Sebab Bisa Jadi Tanda Awal Stroke

Rabu, 03 Januari 2018 09:16:38 wib - Komentar
Sakit kepala meski seringnya hilang sendiri namun kadang bisa jadi tanda penyakit serius. Kenali ciri-ciri sakit kepala yang merupakan tanda awal stroke. Foto: iStock

Jakarta, (Banten88.com): Serangan stroke yang dialami oleh model muda asal Singapura Karen Stella Wong (28) tidak pernah disangka kerabatnya. Ia diketahui tidak pernah punya riwayat medis untuk stroke dan kondisinya sehat-sehat saja.

Sang ayah, Laurence Wong mengatakan satu hal yang dikeluhkan Karen adalah hanya sakit kepala 'biasa'. "Hanya sesekali, Karen mengeluh sakit kepala seperti orang lain pada umumnya," kata Laurence seperti dikutip dari Fox News.

Terkait hal tersebut dr H. Salim Haris, SpS(K), dari Persatuan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) mengatakan sebetulnya sakit kepala berulang itu bisa jadi tanda awal stroke. Alasannya karena rasa sakit bisa bersumber dari masalah pembuluh darah yang ada di otak.

Menurut dr Salim masyarakat saat ini seringnya menganggap sakit kepala sebagai sesuatu yang tidak perlu dianggap serius. Nyatanya kalau sakit kepala sering terjadi tanpa sebab yang jelas maka segera periksakan diri ke dokter.

"Jadi setiap sakit kepala yang berulang tanpa diketahui sebab jelas, pergilah ke dokter," kata dr Salim ketika dihubungi detikHealth, Selasa (2/1/2018).

Hal yang sama juga diutarakan oleh dr Priscilla Ryanti Andradi, SpS, dari RS Grha Kedoya. Menurutnya orang-orang perlu mewaspadai rasa sakit kepala berulang di tempat yang sama karena siapa tahu itu tanda terjadi pendarahan.

"Kalau sakit kepala yang dirasakan menetap di situ-situ saja, tambah berat, dan tidak mempan dengan obat yang biasa dikonsumsi, bisa jadi itu stroke karena perdarahan di selaput otak," kata dr Priscilla. (Sumber : Detik.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top