Indonesia English
Jumat, 14 Desember 2018 |
Peristiwa

Setwan Banten Bagikan Beasiswa dan Bantuan Pendidikan

Minggu, 09 April 2017 22:49:44 wib - Komentar
Sekretaris DPRD Banten EA Deni Hermawan .

SERANG,(Banten88.com): Sekertariat DPRD Banten (Setwan) bagikan beasiswa dan bantuan pendidikan kepada puluhan putra-putri aparatur sipil negera (ASN) golongan I dan II, honorer, Pamdal, dan office boy di lingkungan Setwan DPRD Banten. berdarakan informasi yang diperoleh, untuk  beasiswa diberikan kepada 6 siswa SD yang berperestasi, sedangkan 60 orang mendapatkan bantuan pendidikan.

Sekretaris DPRD Banten EA Deni Hermawan mengatakan, pemberian beasiswa dan bantuan pendidikan tersebut merupakan bagian dari program Setwan setiap tahun. Untuk dananya bersumber dari zakat anggota DPRD Banten dan ASN.

“Jadi tiap bulan kita setorkan zakat ke Baznas, dan itu dikumpulkan selama satu tahun. Dan oleh Baznas diberikan lagi ke kita sebagai hak mustahik untuk karyawan di lingkungan Setwan,” kata Deni saat ditemui di ruangan kerjanya di DPRD Banten, KP3B, Kota Serang. "Ini bagian dari program pengelolaan zakat di Setwan,  salah satunya kita alokasikan untuk beasiswa. Berkat dukungan berbagai pihak dan kesadaran aparatur dan anggota dewan untuk menyisihkan kewajiban yang dititipkan ke kita untuk orang lain," sambungnya.

Dijelaskan Deni, untuk tahun ini penerima beasiswa dan bantuan pendidikan mengalami peningkatan dari tahun 2016.  Ia berharap, dengan beasiswa dan bantuan pendidikan tersebut anak-anak akan lebih termotivasi untuk terus meraih prestasi hingga perguruan tinggi. "Kalau bisa mempertahankan prestasi, bisa sampai ke perguruan tinggi  kita dukung," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua UPZ Setwan Banten, Tb Ahmad Khatib mengatakan, beasiswa dan bantuan pendidikan yang disalurkan merupakan zakat anggota dewan tahun 2016 yakni sebesar Rp 55 juta dari total zakat yang disetorkan ke Baznas sebesar Rp 251.478.209.  "Total zakat yang disetorkan itu 25 persennya hak mustahik di Setwan, sebesar 55 juta. Setiap bulan 21 juta per bulannya yang disetor ke Baznas.   Ini menjadikan setwan tertinggi dari dinas lain di pemprov, dan dapat penghargaan UPZ terbaik dari Baznas," kata Khatib.

Ia mengatakan, penerima program beasiswa sebanyak 6 pelajar SD, sedangkan bantuan pendidikan 60 pelajar. "Beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi, yang masuk ranking 3 besar. Mereka anak-anak pegawai  honorer dan pamdal di Setwan. Setiap bulannya mendapat Rp 200 ribu," ujar Khatib.

Sementara, untuk bantuan pendidikan bersifat insidentil. Untuk pelajar SD mendapat Rp 250 ribu, SMP Rp 300 ribu, dan SMA Rp 350 ribu.  "Penyaluran tahap I itu sudah dilakukan Juni 2016 lalu, nah ini sisanya kita didistribusikan. Kalau 2017 belum, masih berjalan,"ucapnya.

 

Ia menuturkan, program beasiswa akan terus digulirkan untuk mendorong anak-anak tidak mampu yang berprestasi.  "Bila perlu sampai lulus SMA kita terus dukung kalau masuk 3 besar  terus. Dan kami juga berharap kepada pihak ketiga yang mendapat  pekerjaan di Setwan untuk ikut menyisihkan 2,5 persen zakat untuk anak-anak pegawai honorer dan pamdal yang tidak mampu di Setwan," tuturnya.(ERN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top