Indonesia English
Senin, 17 Desember 2018 |
Pendidikan

Siswa SMPN 1 Bandung Dihimbau Gunakan Momen Liburan dengan Tepat

Rabu, 05 Desember 2018 11:27:18 wib - Komentar
kepsek SMPN 1 Bandung memberikan pembinaan kepada peserta didik kelas IX

Serang,(Banten88.com),-Momen hari libur, semester ganjil, tahun ajaran 2018/2019 yang akan berlangsung dari tanggal 22 Desember 2018 sampai 7 Januari 2019 mendatang, para peserta didik SMP Negeri 1 Bandung dihimbau agar momen tersebut digunakan secara optimal dengan baik, tepat, bukan hanya belajar dan bersama keluarga melainkan diisi juga dengan beragam kegiatan yang bermanfaat. kegiatan yang bisa dilakukan di antaranya class meeting di sekolah. Yakni, mengisi waktu libur dengan kegiatan-kegiatan komunitas siswa di sekolah. Walaupun sekolah libur, masih ada komunitas-komuitas siswa yang bisa menambah pengetahuan mengisi masa liburannya. Himbuan tersebut disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bandung, Sadikin, S.Pd, M.Pd saat memberikan pembinaan kepada para peserta didik kelas IX di salah satu ruangan sekolah, Rabu (5/12).

Sadikin menambahkan meski liburan, tetapi hendaknya tetap dipakai untuk pengembangan dirinya dapat juga diisi dengan memperkuat karakter keagamaan atau dengan meningkatkan kegiatan literasi sekolah. Pihak sekolah, lanjut Sadikin, bisa memberikan umpan dengan memberikan pertanyaan. Terutama, kegiatan menarik selama masa liburan. Guru bisa menanyakan saat ketika momen sekolah selesai.

Menurut Sadikin, bagi siswa kelas VII sampai kelas IX, sebaiknya memanfaatkan masa liburan dengan lebih konsentrasi lagi untuk persiapan ujian. Salah satunya dengan memperbanyak try out. Ada baiknya siswa juga meningkatkan diri dalam hal iman dan taqwa. Kegiatan ekskul, bisa tetap jalan sesuai koordinasi dengan pelatih.

“Saya berharap para siswa dapat menjaga kesehatan diri. Selama masa liburan sekolah, petugas sekolah tetap berada di sekolah. Demikian juga para guru yang piket untuk datang ke sekolah,”ujar Sadikin.

Salah satu guru, Risnandar, S.Pd mengungkapkan pembinaan kepada para peserta didik kelas IX yang dilakukan oleh kepala sekolah, saat sekarang ini sangat tepat sekali karena beberapa bulan mendatang mereka akan mengikuti Ujian Nasional.

“Jika sudah libur mengumpulkan anak didik agak susah. Terkait dengan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester ganjil, Tahun ajaran 2018/2019 diikuti sebanyak 600 siswa, dari kelas VII sampai IX. Mereka menempati 20 ruang, setiap ruang diawasi satu orang pengawas,”ungkapnya.

Saat ditanya tentang target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai, Risnandar menjawab, minimal KKM yang ditargetkan sekolah, 72. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top