Indonesia English
Senin, 21 Januari 2019 |
Advetorial

Sitti Ma’ani Nina : Biro Umum dapat menjadi lebih baik dan terbuka terhadap public

Jumat, 23 Desember 2016 23:24:21 wib - Komentar
Sitti Ma'ani Nina Kepala Biro Umum pemprov Banten.

SERANG,(Banten88.com): Biro Umum merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah yang ada dilingkungan Sekretaris Daerah Provinsi Banten. Biro ini memiliki beberapa Bagian, yakni Bagian Tata Usaha, Arsip dan Sanditel, Bagian Keuangan Setda, serta Bagian Tata Usaha Pimpinann serta Bagian Rumah Tangga.

Bagian Tata Usaha, Arsip dan Sanditel memiliko Tupoksi diantaranya, menyiapkan bahan pembinaan, pedoman, dan petunjuk pelaksanaan fasilitasi, koordinasi dan evaluasi serta perumusan kebijakan dibidang tata usaha biro, arsip dan ekspedisi serta sandi dan telekomunikasi.  Bagian ini juga bertugas melakukan pengkajian, penyempurnaan dan pengembangan administrasi penyelenggaraan tata usaha biro, arsip dan ekspedisi serta sandi dan telekomunikasi.

Biro Umum juga memiliki Bagian Keuangan dan Sekretariat Daerah, yang tupoksinya menyiapkan bahan pembinaan, pedoman dan petunjuk pelaksanaan fasilitasi, koordinasi dan evaluasi serta perumusan kebijakan dibidang urusan Gaji, danPerjalanan Dinas, Perbendaharaan dan Verifikasi, serta Pelaporan dan Akuntansi dilingkungan Sekretariat Daerah.

Kemudian pada Bagian Tata Usaha Pimpinan, memiliki tugas pokok menyiapkan bahan pembinaan, pedoman dan petunjuk pelaksanaan fasilitasi, koordinasi dan evaluasi serta perumusan kebijakan dibidang Tata Usaha Gubernur dan Wakil Gubernur, Tata Usaha Sekretaris Daerah dan Asisten Daerah serta Tata Usaha  Staf Ahli Gubernur.

Selain itu Bagian Rumah Tangga ini tak kalah pentingnya, karena tupoksi  Bagian Rumah Tangga  adalah menyiapkan bahan pembinaan, penyususnan pedoman dan petunjuk pelaksanaan, fasilitasi, koordinasi dan evaluasi serta perumusan kebijakan dibidang urusan dalam, sarana pelayanan dan rumah tangga pimpinan daerah.

Pada Bagian Rumah Tangga ini juga memiliki Sub-Bagian Rumah Tangga Urusan Dalam, Sub-Bagian Sarana Pelayanan dan Sub-Bagian Rumah Tangga Pimpinan Daerah.

Untuk Stuktur Organisasinya, Biro Umum diisi oleh 1 Pejabat Eselon II, 4 Pejabat Eselon III dan 12 Pejabat Eselon IV dan puluhan staf di masing-masing bagian.

Dibawah kepemimpinan Sitti Ma’ani Nina, Biro umum melakukan langkah-langkah positiv yakni dalam memberikan ruang keterbukaan informasi, satu diantaranya adalah melakukan aktivasi pemanfaatan website internal sebagai sarana penyebarluasan informasi publik.

“Saya ingin biro umum berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang terkesan tertutup dengan kalangan wartawan dan Lsm, maka sejak pertama saya diamanatkan Pak Gubernur menjadi Kepala Biro Umum, maka yang pertamakali saya cek adalah keberadaan PPID dan pengelolaan websitenya,” ujar Sitti Ma'ani Nina Kepala Biro Umum pemprov Banten.

Menurutnya itu penting dilakukan mengingat banyak hal yang harus disampaikan ke publik karena salah satu tugas biro ini melekat dengan unsut pelayanan pimpinan dan jadwal-jadwal penggunaan pendopo gubernur dan Setda.

Nama Sitti Ma’ani Nina cukup populer dikalangan wartawan karena pernah menjabat Kabiro Humas dan Protokol Pemrov Banten, dan hingga kini sikapnya terhadap wartawan tak berubah, Di Biro Umum, Nina selalu energik menjalankan tugas sebagai pelayan utama dari kegiatan-kegiatan pimpinan daerah yang meliputi gubernur, wakil gubernur dan sekretaris daerah.

“Salah tugas di Biro Umum adalah menangangi bagian Tata Usaha Pimpinan,tugas pokoknya menyiapkan bahan pembinaan, pedoman dan petunjuk pelaksanaan fasilitasi, koordinasi dan evaluasi serta perumusan kebijakan dibidang Tata Usaha Gubernur dan Wakil Gubernur, Tata Usaha Sekretaris Daerah dan Asisten Daerah serta Tata Usaha  Staf Ahli Gubernur,” ujar Nina

Menurutnya, salah satu tugas jadi Kabiro Umum sangat melekat dengan kegiatan-kegiatan pimpinan ini yang membuatnya harus selalu siaga 24  jam dan harus all out.

“Jadi Kabiro umum hampir sama dengan saya menjabat di Kabiro Humas dan Protokol, hampir setiap hari saya harus mengikuti kegiatan-kegiatan pimpinan, jadi kerja siap siaga 24 jam,” ungkap Nina.

Menanggapi rencana adanya perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) Baru di Pemprov Banten Nina berharap, Biro Umum dapat menjadi lebih baik dan terbuka terhadap publik. (Adv)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top