Indonesia English
Selasa, 25 Juni 2019 |
Pendidikan

SMK Negeri 1 Kragilan Berbagi, Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Rabu, 29 Mei 2019 04:05:57 wib - Komentar
Pembagian santunan anak yatim dan dhuafa di lingkungan SNK Negeri 1 Kragilan pada Selasa (28/5). Foto : Murjiman.

Serang (Banten88.Com): Kegiatan mari berbagi di bulan suci yang digelar Keluarga besar SMK Negeri 1 Kragilan dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu, keluarga yang tidak mampu dan kaum dhuafa. Selesai santunan kemudian dilanjutkan buka bersama para guru dan segenap pengurus rohis kemudian melakukan sholat magrib berjamaah.

Program SMK Negeri 1 Kragilan berbagi ini merupakan berkah ramadhan yang hadir untuk kaum dhuafa yang ada di lingkungan sekolah maupun luar sekolah sebanyak 138 orang. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali diharapkan dapat bermanfaat dan membantu kaum dhuafa sekaligus mempererat jalinan tali silaturahmi antar sekolah dengan masyarakat sekitar. Hal itu dikatakan Kepala Sekolah UPT SMK Negeri 1 Kragilan, H. Untung Supriyanto, M.Pd didampingi Kasubag Tata usaha, Agus Subagja, S.Sos kepada wartawan, pada acara SMKN 1 kragilan berbagi santuni anak yatim dan dhuafa, pada Selasa (28/5).

H. Untung menuturkan, berkah ramadhan untuk kum dhuafa di lingkungan SMK Negeri 1 Kragilan dengan mari berbagi kebahagiaan di bulan suci memberikan paket bantuan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Banyak keutamaan yang bisa di dapat dengan menyantuni anak yatim antara lain memperoleh kedekatan dengan nabi Muhamad SAW di surga sedekat antara ibu jari telunjuk dengan jari tengah, akan dilembutkan hatinya Oleh Alloh SWT dan dicukupi kebutuhan setiap harinya, berguna sebagai penjamin surga dan Alloh SWT akan melipatgandakan hartanya, memperoleh perlindungan di hari kiamat, mensucikan jiwa dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

“SMKN 1 Kragilan berbagi di bulan ramadhan ini dengan memberikan paket bingkisan kepada anak yatim piatu, siswa siswi yang tidak mampu dan kaum dhuafa didukung oleh seluruh guru dan komite sekolah. Penyerahan bantuan berupa paket dan uang santunan bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan agar mereka dapat tersenyum dalam menjalani ibadah puasa dan sepekan menjelang hari raya Idul Fitri tiba,”kata H. Untung.

Sementara itu, Wakil Bidang kesiswaan SMKN 1 kragilan, H. Omansyah, SE, MM menuturkan, Ramadhan 1440 Hijriyah tahun ini, acara pemberian santunan tahun ini ada yang berbeda. Selain memberikan bingkisan dan amplop juga dimeriahkan dengan penampilan seni Canttik (Canda, Tari, teater, musik). Pojok canttik ini salah satu kegiatan ekstra kurikuler seni budaya.

H. Omansyah menambahkan, Pembagian bantuan dilaksanakan dua sesi yakni sesi pertama pagi memberikan paket bantuan dari guru secara personil kepada anak yatim dan siswa siswi yang kurang mampu. Juga kaum dhuafa yang berasal dari sekitar sekolah seperti kampung Kerjani, Cisaid masjid, tembel. Dan sesi kedua pemberian santunan kepada kaum dhuafa dilaksanakan mulai jam 15.00 Wib sampai selesai.

“Penerima santunan akan mendapat kupon yang nantinya akan ditukarkan dengan bingkisan. Kalau tadi pagi pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak 21 anak dan kaum dhuafa sebanyak 38 orang dan Ini berasal dari personel masing-masing guru. Sedangkan puncak pemberian santunan kepada kaum dhuafa diadakan sore ini. Paket bingkisan yang disiapkan oleh panitia sebanyak 200 paket,”tambahnya.

H. Omansyah berharap dengan pemberian santunan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan diharapkan dapat membantu mencukupi kebutuhan di bulan Ramadhan.

Penerima santunan, Apip dan Yuni menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar SMK negeri 1 kragilan yang telah berempati dan peduli dengan memberikan bantuan berupa paket bingkisan yang sangat bermanfaat sekali bagi dirinya. “Terima kasih kepada keluarga besar SMK negeri 1 kragilan yang telah berempati memberikan bantuan kepada kami,”pungkasnya. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top