Indonesia English
Senin, 08 Agustus 2022 |
Pendidikan

SMKN 3 KUNINGAN SEKOLAH FAVOURITE LULUSAN DISALURKAN SEKOLAH GUNA PEROLEH PEKERJAAN

Kamis, 21 Juli 2022 19:04:05 wib - Komentar
HENI ARYANI, S.PD, MM.


Kuningan (Banten88.com) :  SMKN 3 Kuningan beralamat di Jalan Raya Cirendang - Cigugur Kuningan, Jawa Barat dipimpin Drs. Lili Ramli, M.Kom.  Sekolah ini dijuluki masyarakat sebagai " Sekolah Favourite " karena lulusannya disalurkan sekolah untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya.
MEMBLUDAK
Tahun Pelajaran 2022/2023 dari jumlah pendaftar membludak mencapai 2000, tapi yang diterima setelah melalui seleksi ketat dan terukur, hanya 860 peserta didik baru.
SMKN 3 Kuningan memiliki Kompetensi Keahlian sebagai berikut :
1.Desain Permodelan dan Informasi Bangunan/Arsitektur (DPIB).
2. Teknik Kontruksi dan Perumahan (TKP).
3. Teknik Ketenaga Listrikan (TKL).
4. Teknik Otomasi Industri (TOI)
5. Teknik Kendaraan Ringan (TKR).
6. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).
7. Teknik Audio dan Video (TAV).
8. Teknik Komunikasi Visual (TKV).
DISALURKAN
Untuk mengetahui lebih seksama tentang proses dan prosedur lulusan SMKN 3 Kuningan yang disalurkan bekerja oleh pihak sekolah, media cyber Banten88.com diarahkan  Kepala Sekolah Drs. Lili Ramli, M.Kom untuk menemui Wakil Kepala Sekolah  Bidang Management Mutu, Heni Aryani, S.Pd, MM.
Menjawab pertanyaan media cyber Banten88.com, Heni menjelaskan, SMKN 3 Kuningan ini  tergolong  kelas menengah kebawah. Para siswa setelah lulus langsung ingin bekerja. Memang ada sebagian yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi tapi diperkirakan hanya sekitar 10 persen saja. Namun ada juga yang berwira usaha. Dan hal ini, masih papar Heni, sesuai dengan anjuran pemerintah soal BMW yakni setelah lulus langsung Bekerja atau Melanjutkan Studi atau  pula Berwira Usaha.
SMKN3 Kuningan, masih urai Heni, adalah sentral perekrutan calon tenaga kerja se Wilayah 3 Cirebon dan Wilayah Priangan Timur.
(Wilayah 3 adalah ex Karesidenan Cirebon yang wilayahnya meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu, Red.).
Sedangkan Wilayah Priangan Timur yakni Sumedang, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis (Red).
KERJASAMA
Kerjasama SMKN 3 Kuningan dengan kalangan industri dinilai sangat bagus.
Hingga saat ini, SMKN 3 Kuningan telah menjalin kerjasama dengan ASTRA Daihatsu Motor, ASTRA Honda Motor, Toyota Manufaktur dan pabrikan besar seperti Yutaka dan lain sebagainya.
Sekitar 2000 calon tenaga kerja sudah direkrut dan tentunya tidak semua  berasal dari lulusan SMKN 3 Kuningan, beber Heni lebih lanjut.
Kreteria lulusan seperti apa yang diminta perusahaan untuk direkrut menjadi tenaga kerja ? tanya Banten88.com.
Heni menjelaskan lagi, perusahaan minta " Soft Skill" dari para lulusan sebagai persyaratan utama.
(Soft Skill adalah kemampuan karakteristik dan kecerdasan seseorang. serta kemampuan beradabtasi dengan baik didalam kehidupan maupun dunia kerja, Red.).
Disamping itu ada persyaratan umum yang harus dipenuhi. Contohnya, perusahaan ASTRA menetapkan tinggi badan pria calon tenaga kerja tinggi 165. Tidak buta warna dan lebih memilih calon tenaga kerja yang baru lulus. Usia calon tenaga kerja yang sudah 20 tahun dianggap " usia gelisah ".
Prinsip kita antara perusahaan dan sekolah adalah saling menguntungkan.
Sekolah perlu perusahaan karena tujuan akhir sekolah adalah keterserapan lulusan.
Sekolah yang bagus jika input bagus dan out put nya juga bagus disamping sarana dan prasarana yang tersedia. Anak dikatakan bagus melaui proses sejak kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Itu semua terealisasi karena seluruh komponen di SMKN 3 Kuningan telah bekerjasama dengan baik.
Jadi dalam persyaratan sudah jelas termasuk mengikuti psychotest.
Target kita adalah 75% lulusan SMKN 3 Kuningan terserap di Industri karena sekolah ini sudah memiliki ISO 901/2015, tegas Heni lagi.
Seluruh peserta didik di SMKN 3 Kuningan dibentuk menjadi manusia religius, jujur, disiplin, mandiri, tanggung jawab, kreatif dan inovatif.
Demikian Heni Aryani, Wakil Kepala Sekolah Bidang Management Mutu SMKN 3 Kuningan, Jawa Barat.
Sementara itu seorang siswa kelas 2 jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Bernama Yosep, kepada media cyber Banten88.com mengatakan, ia memilih jurusan TKR karena bercita-cita bekerja di ASTRA Honda Motor, ungkapnya.(SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top