Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Pendidikan

SMPN 1 Kibin Laksanakan US Moda Whatshapp

Kamis, 16 April 2020 07:00:44 wib - Komentar
Kepala UPT SMPN 1 Kibin, Muhri. M.Pd bersama bendahara Ahmad Sujai, S.Pd.I di sekolah.

Serang (Banten88.com):  Memasuki Hari ke empat, Kamis (15/4) penyelenggaraan Ujian Sekolah (US) jarak jauh di SMP Negeri 1 Kibin, kecamatan Kibin, kabupaten Serang, berlangsung lancar. Sesuai jadwal hari ini ada dua mata pelajaran yang diujikan. Dalam Pelaksanaan US, sekolah yang tergabung dalam sub rayon 4 ini memilih dengan moda whatshapp yang diterapkan sekolah sesuai dengan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Serang dan surat edaran dari Mendikbud nomor 4 tahun 2020.

Kepala UPT SMPN 1 Kibin, Muhri, M.Pd mengatakan mata pelajaran yang diujikan dalam US meliputi seluruh mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum 2013, sebanyak 10 mata pelajaran. Setiap hari dua mata pelajaran diujikan. Peserta didik mengikuti US di rumah masing-masing.

“Personal yang terlibat antara lain petugas MKKS, Ketua Rayon, Kepala UPT SMP, wakasek Kurikulum, wali kelas, dan peserta didik. Sebelum pelaksanaan US, pastikan wali kelas telah memiliki Grup whatshapp untuk peserta didik masing-masing kelas. Untuk teknis pelaksanaannya bisa bertanya kepada Wakasek Kurikulum,”kata Muhri.

 

Muhri menambahkan mekanisme Pemeriksaan Lembar Jawaban US diatur sepenuhnya oleh Kepala Sekolah. Daftar Nilai Hasil Ujian Sekolah Murni disampaikan kepada Bidang Pembinaan Pendidikan SMP paling lambat tanggal 30 April 2020, melalui e-mai: kursmpkabsrg@gmail.com Untuk kelancaran dan keamanan penyelenggaraan Ujian Sekolah Daring/Ujian Sekolah Jarak Jauh, Kepala sekolah wajib membuat Fakta Integritas Penyelenggaraan US.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum SMPN 1 Kibin, Saeful Hidayat, M.Pd menjelaskan, langkah kegiatan US dengan media Whatsapp sebagai berikut petugas MKKS mengirim naskah soal US (Dalam format PDF) kepada Ketua Rayon, 30 menit sebelum jadwal US dimulai. Kemudian ketua rayon mengirim naskah soal US tersebut kepada semua kepala sekolah di wilayahnya sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Kepala sekolah segera mengirim naskah soal US kepada setiap wali kelas IX kemudian mengirimkan kepada grup whatshappnya peserta didik masing-masing kelas. Peserta Didik menjawab Soal US Sesuai jadwal dan waktu yang telah ditetapkan.

“Jawaban US ditulis sendiri di atas kertas (jenis kertas bebas. Apabila telah selesai menjawab soal US, Peserta Didik Mem-foto Lembar Jawaban US kemudian mengirimkannya kepada Wali Kelas. Untuk jam berikutnya dan hari berikutnya mengikuti langkah kegiatan tersebut,”Saeful Hidayat. (Iman).

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top